Advertorial

X-mat Tempatnya Bikin Kado dan Souvenir

SUAKAONLINE.COM – Awal tahun 2009 menjadi pembuka gerbang kesuksesan Wahyu Irawan dalam dunia printing dan souvenir. Produksi cutting sticker adalah awal debutnya di dunia printing. Usaha cutting sticker itu bertempat di rumahnya sendiri kawasan Ujung Berung. Melalui kecintaannya di dunia design dan melihat peluang yang ada, ia pun memanfaatkannya dengan baik.

Tahun 2011, Obang begitu panggilan akrabnya, mengikuti sebuah kegiatan Printing Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC). Kegiatan tersebut merupakan kegiatan para pengusaha di dunia printing Indonesia. Acara tersebut juga dihadiri banyak vendor yang menawarkan alat-alat printing maupun berbagai bahan baku dalam bidang printing. Dengan modal yang sudah dimilikinya, ia mulai membeli alat-alat produksi untuk usaha printing. Diawali dengan satu jenis produk, yaitu cutting sticker, sampai memproduksi berbagai jenis souvenir.

Brand X-mart Cutting Sticker pun sudah muncul sejak tahun 2009. Sampai akhirnya berubah menjadi X-mat Souvenir dan Printing ketika Obang memutuskan untuk memproduksi berbagai jenis produk souvenir. “Produk X-mat tuh banyak banget, yang terdaftar sih ada 140 jenis. Belum lagi jenis produk sesuai permintaan konsumen,” Jelas Obang saat ditemui di outlet X-mat, Jum’at malam (7/5/2016). Selain produksi dibidang printing dan souvenir, X-mat juga menjadi vendor penyedia bahan baku dan alat-alat di bidang printing.

Pemasaran X-mat diakui 70 persen melalui online. Sejak tahun 2009, pemasaran pertama X-mat melalui media sosial facebook. Selanjutnya merambah ke website dan instagram. Pemasaran melalui internet pun membuat segmentasi pasar X-mat semakin luas, permintaan terhadap produk-produk X-mat semakin tinggi, baik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, maupun luar negeri. “Pengiriman ke luar kota sudah setiap hari berjalan. Keluar negeri pun sudah sering,” Jelas Obang.

Baru-baru ini, X-mat melakukan pengiriman ke negara Singapura untuk produk bantal costum dan pengiriman produk mug dan piring ke negara Jepang. Dengan masuk ke pasar internasional, ini membuktikan bahwa kualitas X-mat sudah bisa bersaing dengan produk-produk luar negeri.

Walaupun penjualan produk lebih banyak melalui online, pada tahun 2011 Obang mencoba membuka offline store yang bertempat di Jl. A.H Nasution 200B Ujung Berung Bandung tepatnya di sebrang Toserba Griya Ujung Berung. Penjualan online pun bisa mengunjungi berbagai online store resmi milik X-mat. Website (X-mat.com / bahanprinting.com), facebook (Tempat Bikin Kado dan Souvenir / Group: X-mat Souvenir & Printing), dan melalui Instagram (@ujungberung). ( ADVETORIAL / SUAKA )

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas