Lintas Kampus

API Lakukan Aksi Bela Ulama

Ribuan umat Islam melakukan aksi bela Ulama di depan gedung sate, Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/1/2017). (Puji Fauziah/ SUAKA)

Ribuan umat Islam melakukan Aksi Bela Ulama di depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/1/2017). (Puji Fauziah/ SUAKA)

SUAKAONLINE.COM – Ribuan umat Islam melakukan Aksi Bela Ulama di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Kamis (26/1/2017). Massa aksi tersebut tergabung dalam Aliansi Pergerakan Islam (API) Jawa Barat. Mereka melakukan salat subuh berjamaah di Masjid Pusdai kemudian dianjutkan tausiyah dengan tema “Menjaga Ukhuwah Islamiyah Dikalangan Umat Islam, Menolak Kriminalisasi Ulama dan Aktifis Islam, untuk Kondusifitas Jawa Barat”.

Menurut Koordinator aksi, Asep Syaripudin, ini merupakan bentuk penolakan kriminalisasi terhadap para ulama dan aktivis Islam di Jawa Barat, sekaligus untuk mendesak Kapolri Jendral Tito Karnavian mencopot Irjen Pol Anton Charliyah dari jabatannya sebagai Kapolda Jabar.

Desakan itu bukan tanpa sebab, Anton dianggap sebagai Kapolda yang gagal sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.”Kami tidak benci Polri dan punya sentimen apapun dengan Anton. Tapi beliau tidak bisa menjaga stabilitas Jawa Barat,” kata Asep di sela-sela aksi.

Asep mengharapkan Kapolri menempatkan Jenderal yang benar-benar pengayom dan pelindung masyarakat di Jabar. “Jabar itu luas, logikanya bagaimana menjaga keamanan kalau di depan Markas Polda Jabar, preman beredar membawa balok dan senjata tajam. Ini menunjukkan kapasitas beliau,” kata Asep menambahkan.

Ada beberapa poin penting tuntutan aksi untuk menjaga kondusifitas di Jawa Barat, diantaranya selamatkan Pancasila dan NKRI dari premanisme dan komunisme, hentikan segala bentuk kriminalisasi ulama dan aktifis islam, mengusut tuntas tragedi berdarah 121 di depan polda jabar, menuntut pencopotan Irjen Pon Anton Charliyah sebagai Kapolda Jabar, menghimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh atas pembentukan opini pembubaran FPI, dan meminta media untuk menyampaikan berita dengan professional dan berimbang.

Baca juga:  Apa Kabar Mahasiswa UIN Bandung, Ormawa Mau Dibawa Kemana?

Reporter : Puji Fauziah
Redaktur : Dadan M. Ridwan

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas