Kampusiana

Kontruksi Kurang Maksimal, Gedung Baru Mudah Bocor

Kondisi atap Gedung Student Center lantai 4 yang terlihat bolong meski usia gedungnya belum mencapai 5 tahun, Kamis (9/2/2017). (SUAKA/ Dadan M. Ridwan)

SUAKAONLINE.COM – Beberapa gedung baru yang berdiri sejak tahun 2014, sudah mengalami banyak kerusakan dibeberapa bagian. Gedung baru yang disponsori oleh IDB (Islamic Developement Bank), mengalami kerusakan di Gedung Laboratorium dan Student Center (SC) yang mengalami kebocoran akhir-akhir ini.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika, Abdul Latif mengungkapkan, kebocoran yang terjadi di Laboratorium tidak enak dilihat dan dapat menimbulkan korban. Ia juga merasa tidak nyaman dengan kondisi tangga yang longgar pada Gedung Lecture Hall (LH), “dosen senior suka ngerasa takut naik tangga di LH. Mungkin kerusakan ini  disebabkan oleh ulah tangan jahil, tapi ngga akan gini kalau struktur bangunannya kokoh,” ujarnya, Sabtu (4/2/2017).

Abdul Latif berharap, agar kerusakan tersebut segera diperbaiki. “Jangan sampai menunggu korban lalu diperbaiki. Untuk selanjutnya apabila diperbaiki, perlu adanya himbauan dan kesadaran diri dari mahasiswa itu sendiri untuk senantiasa menjaga dan merawatnya,” tambah Latif.

Menanggapi hal tersebut Staff Bagian Umum, Dedi Kadarusman mengamini bahwa kontruksi bangunan Gedung Baru IDB dari awal tidak maksimal. Kerusakan yang terjadi cenderung sama yakni berasal dari saluran air, baik itu saluran air kotor maupun saluran air bersih. Sehingga menimbulkan penyumbatan yang akhirnya mengakibatkan kebocoran di beberapa bagian gedung.

Menurut Dedi, hal ini sudah menjadi tanggung jawab Bagian Umum untuk memperbaiki namun pengaduan harus disampaikan secara bertahap. “Contoh kaya di SC itu penanggung jawabnya kabag kemahasiswaan. Jadi kejadian apapun yang ada disana harus dikonfirmasi dan diinformasikan dulu kesana baru ke bagian umum. Sehingga mahasiswa mengadukan keluhan secara tertulis pada kabag kemahasiswaan, baru dari kemahasiswaan ke bagian umum karena eksekusinya ada di bagian umum,” tambahnya, Jumat (3/2/2017).

Baca juga:  Warga Kebon Jeruk Kembali Melawan

Bagian Umum akan menunggu permintaan perbaikan dari penanggung jawab setiap gedung, karena tidak bisa menjalankan aduan secara cepat. Saat ini Bagian Umum sedang melakukan pengerjaan di ruang kelas Syari’ah, Adab dan Pascasarjana. Semua dilakukan secara bertahap, setelah ada instruksi dari Kabag Kemahasiswaan barulah semua akan dilaksanakan.

 

Reporter : Gisna Maulida Q

Redaktur : Hasna Salma

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas