Kampusiana

Raih Akreditasi A MKS Ukir Sejarah Baru

Seorang mahasiswa sedang melihat banner ucapan selamat, atas diraihnya nilai akreditasi A yang diraih oleh Jurusan Manajemen Keuangan Syariah (MKS), didepan Gedung Fakultas Syariah dan Hukum, Selasa (14/2/2017). (Elsa Yulandri/ Magang).

SUAKAONLINE.COM – Jurusan Manajemen Keuangan Syariah (MKS)  Fakultas Syariah dan Hukum UIN SGD Bandung raih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan SK No. 0426/SK/BAN-PT/Akred/S/1/2017, dan akan berlaku hingga 26 Januari 2022. Ketua Jurusan MKS, Deni Kamaludin Yusup, mengungkapkan bahwa ini merupakan rekor sepanjang sejarah, sejak berdirinya UIN SGD Bandung tahun 1968-2017, karena MKS menjadi satu-satunya prodi yang meraih akreditasi dari C langsung ke A, Selasa (14/2/2017).

Terdapat tujuh aspek penting dalam penilaian akreditasi BAN-PT, dan MKS telah berhasil memenuhi ketujuh komponen tersebut baik dari segi materi maupun substansinya. Sehingga tim asesor memberikan hasil maksimal dan terbaik, yang menjadi dorongan terbesar prodi MKS bekerja keras untuk meraih akreditasi A antara lain ingin menjadi prodi unggulan dan rintisan kelas internasional di bidang manajamen keuangan syariah.

“Kami berterimakasih kepada Rektor, Dekan, Guru Besar, Senat, Para Dosen dan Karyawan, Ketua dan Sekretaris prodi, Laboratorium, Perpustakaan, LP2M, LPM, Pusat Penelitian, PPM, mahasiswa dan alumni, para pengguna lulusan (stakeholders), dan semua pihak yang telah membantu proses reakreditasi , khususnya kedua asesor BAN-PT yang telah memvisitasi prodi MKS hingga meraih akreditasi A,” ujar Deni

Meski begitu, pencapaian sekarang tidak membuat Ketua Prodi MKS itu merasa puas. Justru masih banyak tantangan dan kendala dari segi sumber daya manusia, kelembagaan, sarana prasarana, biaya, serta kultur akademik, untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi. Tapi Ia yakin dengan semua dukungan pimpinan universitas, fakultas, dan seluruh civitas akademika cepat atau lambat dapat mengatasi semua tantangan yang dihadapi.

Baca juga:  Bela Al - Aqsha, Masa Aksi Gelar Long March

“Apa yang sudah diraih saat ini baru langkah awal untuk mewujudkan harapan tersebut. Untuk mempertahankannya, kami punya sebuah prinsip yaitu tetap melanjutkan semua hal yang dianggap baik oleh para pendahulu kami, dan terus meningkatkan semua hal baik yang belum diwujudkan,” jelasnya. Ia juga menambahkan, bahwa semua itu butuh komitmen, tanggungjawab, kerja keras, disiplin, ikhlas, dan kerjasama dengan semua pihak.

Deni juga merencanakan sebuah program unggulan tahun 2017, untuk mengirimkan para mahasiswa terbaik dan berprestasi dalam internasional student exchange programs ke perguruan tinggi di luar negeri, dengan skema fully granted by scholarship partnership program. Menurutnya, mempertahankan prestasi jauh lebih sulit daripada meraihnya, sesuai dengan harapan masa depan Prodi MKS (2015-2025), yang diarahkan untuk menjadi prodi unggulan terbaik

Mahasiswa MKS, Sumarno menanggapi bahwa untuk meraih akreditasi A ini tidaklah mudah. “Mempertahankan memang lebih sulit daripada mendapatkan, maka dari itu pertahankan terus prestasi untuk MKS yang lebih baik lagi kedepannya. Kita semua civitas akademika yang ada di prodi MKS harus bekerja sama mempertahankan itu,” ujar Sumarno, Selasa (14/2/2017)

Mahasiswa semester 6 tersebut juga menyebutkan harapan untuk Prodi MKS kedepannya. Ia berharap semoga MKS kedepannya menjadi jurusan yang lebih baik lagi bukan hanya tingkat UIN saja melainkan sampai ke tingkat ASEAN atau bahkan sampai ketingkat Internasional. Sesuai dengan motto MKS ‘makin sukses makin keren’.

 

Reporter : Elsa Yulandri/ Magang

Redaktur : Hasna Salma

 

1 Comment

1 Comment

  1. azis surono

    20 Februari 2017 at 15:12

    luar biasa,,,,, terbukti MKS juara, makin keren makin sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas