Kampusiana

Prosedur PMB UIN Bandung 2017 / 2018

Ilustrasi (Edi Setio/ Magang)

 

SUAKAONLINE.COM – Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Ajaran 2017/2018, UIN SGD Bandung membuka enam jalur pendaftaran. Dari keenam jalur tersebut terdapat 2 cara yang berbeda dalam proses pendaftarannya, hal tersebut dapat diamati dari brosur dan buku panduan penerimaan mahasiswa baru UIN SGD Bandung.

Dalam rinciannya, ada lima jalur pendaftaran yang dapat diakses melalui sistem online,  dan satu jalur lagi mengharuskan siswa pendaftar melakukan pendaftaran langsung ke panitia PMB yang bertempat di  Sekretariat PMB UIN SGD Bandung, Gedung Lecture Hall lantai 1.

Lima jalur yang dapat diakses melalui sistem online, yaitu Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), dan Jalur Mandiri. Kemudian, satu jalur yang mengharuskan pendaftar langsung mendatangi Sekretariat PMB UIN SGD Bandung yaitu Jalur Khusus.

Mengenai jadwal pendaftaran dari setiap jalur, dilakukan dalam waktu yang berbeda. SNMPTN dalam rincian jadwalnya, yaitu  Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dilaksanakan 14 Januari – 10 Februari 2017, verifikasi PDSS 15 januari – 12 Febriari 2017, pendaftaran SNMPTN 21 Februari – 6 Maret 2017, proses seleksi 15 Maret – 15 April 2017, dan pengumuman hasil seleksi 26 April 2017.

Untuk SBMPTN, Pendaftaran online Computer Based Testing (CBT) dan Paper Based Testing (PBT) dilaksanakan 11 April – 5 Mei 2017, pelaksanaan ujian CBT dan PBT 16 Mei 2017, pelaksanaan ujian keterampilan 17 atau 18 Mei 2017, dan pengumuman kelulusan 13 Juni 2017.

Jalur SPAN-PTKIN, untuk pendaftaran dibuka mulai 4 Maret – 7 April 2017, proses seleksi dilakukan 8 – 26 April 2017, pengumuman hasil seleksi dibuka 1 Mei 2017, dan daftar ulang dilakukan 23 Mei 2017. Namun untuk UM-PTKIN, prosedur pendaftaran bisa diakses melalui www.um-ptkin.ac.id.

Baca juga:  Persiapan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan

Kemudian untuk Jalur Mandiri, pelaksanannya dimulai dengan pembukaan pendaftaran 2 – 22 Juni 2017, pelaksanaan ujian PMB CBT 11 – 20 Juli 2017, pengumuman kelulusan 26 Juli 2017,  verifikasi dan pendaftaran ulang 26 – 27 Juli 2017, registrasi dan pembayaran uang kuliah dilakukan 1 – 4 Agustus 2017.

Dari semua jalur yang digunakan dalam PMB UIN SGD Bandung, terdapat beberapa  prosedur yang harus dipenuhi oleh Calon Mahasiswa Baru yang akan mendaftarkan dirinya. Beberapa prosedur tersebut, yaitu untuk SNMPTN, membuka laman website www.snmptn.ac.id, mengisi biodata, memilih perguruan tinggi negeri (PTN), dan program studi, serta mengunggah foto resmi terbaru dan dokumen resmi tambahan (jika ada), membaca dan memahami semua ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih, dan yang terakhir mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti pendaftaran.

Untuk SBMPTN, siswa pendaftar dapat melihat secara lengkap tata cara pendaftaran di laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh di laman http://download.sbmptn.ac.id mulai 4 April 2017, pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT) dibuka mulai  11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB, pendaftaran CBT akan ditutup apabila jumlah sudah terpenuhi, kemudian lakukan pembayaran sebesar Rp200.000 untuk biaya pendaftaran, yang bisa dibayar melalui Bank Mandiri, Bank BNI, ataupun Bank BTN.

Untuk SPAN-PTKIN, prosedur yang harus dipenuhi, yaitu Kepala Sekolah/Madrasah mendaftarkan siswanya melalui laman span-ptkin.ac.id, Kepala Sekolah/Madrasah mengisikan data sekolah dan siswa pada borang pendaftaran, setelah mendaftar maka akan mendapat User ID dan password untuk diberikan kepada siswa pendaftar, setelah siswa pendaftar mendapatkan User ID dan password, lalu daftarkan diri melalui laman span-ptkin.ac.id, isi form biodata lalu unggah foto, memilih program studi, mengunggah prestasi lain, dan melakukan finalisasi. Terakhir cetak Kartu pendaftaran sebagai tanda bukti pendaftaran SPAN-PTKIN.

Baca juga:  Terbentuknya Kepanitiaan OPAK

Berikutnya untuk pendaftaran jalur UM-PTKIN, prosedur yang harus dipenuhi adalah membuka laman um-ptkin.ac.id, pilih menu “Daftar” lalu log in terlebih dahulu menggunakan User ID dan password yang telah diterima, terakhir isi biodata pada form yang disediakan.

Untuk Jalur Mandiri, jalur ini merupakan jalur yang dapat diakses secara “mandiri” melalui CBT. Ada beberapa ketentuan umum yang harus dipenuhi oleh siswa pendaftar, yaitu Berijazah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah. Khusus bagi peserta lulusan Paket C, harus menyerahkan rapor tiga tahun terakhir (diserahkan saat ujian PMB kepada panitia).

Untuk lulusan tahun 2017 sekurang-kurangnya telah memiliki surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi pas photo dengan dibubuhi cap Sekolah/Madrasah dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp250.000 melalui Bank BRI Syariah. Pendaftaran mulai dibuka 2 – 22 Juni 2017 dan dilakukan secara online melalui laman pmb.uinsgd.ac.id;.

Terakhir Jalur Khusus, yaitu jalur PMB yang dikhususkan bagi siswa pendaftar yang memiliki hafalan Al-Quran minimal 5 Juz, memiliki prestasi di bidang seni dan olahraga, atau prestasi lain minimal tingkat regional (Kota/Kabupaten). Siswa pendaftar dapat mendaftarkan dirinya kepada Panitia PMB di Sekretariat PMB UIN SGD Bandung yang berada di Gedung Lecture Hall lantai 1.

Sumber : Bagian Akademik UIN SGD Bandung

 

Reporter : Edi Setio/ Magang

Redaktur : Hasna Salma

3 Komentar

3 Comments

  1. anonim

    31 Maret 2017 at 09:47

    jadi jalur mandiri nggak ada pbt ya? cuma cbt aja?

  2. Aas Lailah

    2 Juni 2017 at 15:18

    Maaf, untuk jalur khusus penghafal tahfidz syaratnya apa saja ya? dan kapan terakhir pendaftarannya…?

    syukron

  3. Mutiara syafitri

    8 Juli 2017 at 01:29

    Bagaimana cara memperbaiki data yang salah di pengisian borang ujian mandiri yang sudah di verifikasi?
    Mohon bantuannyaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas