Infografis

Kuota PMB UIN Bandung 2017

 

SUAKAONLINE.COM – Infografis, Menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN SDG Bandung membuka lima jalur masuk dengan kuota sebanyak 5805 siswa. Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan jalur mandiri yang dibuka untuk semua prodi, sedangkan jalur SNMPTN dan SBMPTN hanya dibuka untuk 15 prodi saja.

Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional- Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN ), merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana dan ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Untuk biaya pelaksanaan ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pendaftaran dilaksanakan pada tanggal 4 Maret hingga 7 April 2017, dan jalur ini dibuka untuk semua prodi UIN Bandung dengan kuota sebanyak 1855 siswa.

Pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).  Jalur ini dibuka untuk semua prodi dengan kuota 1117 siswa. Pembiayaan penyelenggaraan UM-PTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor. Pendaftaran dilakukan pada tanggal 21 Februari sampai 6 Maret 2017 dengan kuota sebanyak 627 siswa.

Jalur SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh  PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristek dan dikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing), menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Kuota untuk jalur ini menerima sebanyak 836 siswa dan pendaftaran dibuka mulai tanggal 4 April 2017.

Baca juga:  Pikiran Rakyat Menolak Gugatan yang Diajukan Zaky Yamani

Sementara untuk jalur mandiri, akan menerima sebanyak 1370 siswa.  Jalur ini memiliki beberapa seleksi,  seleksi wajib yang harus dilakukan peserta adalah tes secara online.  Selanjutnya ada dua jalur masuk yaitu jalur tahfidz dan jalur seni serta olah raga.  Jalur tahfizd merupakan jalur seleksi berdasarkan hapalan ayat al-Quran.  Sedangkan jalur seni dan olah raga diseleksi berdasarkan sertifikat yang dilampirkan.

Sumber:

Humas Aljamiah

Span-pkin.ac.id

Um-ptkin.ac. id

Snmptn.ac. id

Sbmnptn.ac. id

 

Peneliti : Fantyana Huwaida’a

1 Comment

1 Comment

  1. Agus Mujianto

    1 Juni 2017 at 14:18

    Berarti baik jalur prestasi ataupun Tahfidz akan tetap mengikuti test tulis min? Mohon informasinya.. Thanks..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas