Lintas Kampus

Kemacetan di Cibiru, Akibat Jalanan Rusak

Kemacetan yang terjadi di Bunderan Cibiru, Bandung, dikarenakan jalanan rusak parah akibat terguyur hujan selama satu pekan terakhir, Sabtu (4/3/2017). Sejumlah ruas jalan yang mengalami kerusakan parah diantaranya Ciguruwik, Cinunuk dan Cileunyi, Kabupaten Bandung. (Yudistira/ Magang).

SUAKAONLINE.COM – Kota Bandung diguyur hujan lebat selama tiga hari berturut-turut, hal ini menyebabkan jalan rusak parah dibeberapa ruas, seperti di Ciguruwik, Cinunuk dan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Akibat jalan rusak ini, terjadi kemacetan disejumlah ruas jalan, titik kemacetan panjang terjadi dari arah Cileunyi-Cibiru ,Ujung Berung – Cileunyi dan Gede Bage – Cileunyi, Sabtu ( 4/4/2017).

Kemacetan parah yang terjadi di kawasan Cibiru yang terjadi sejak, Selasa (28/3/3017) , ini disebabkan karena jalan yang mengalami rusak parah  di daerah Ciguruwik, Cinunuk dan Cileunyi. Sejumlah lubang besar terlihat di area para pengendara melajukan kendaraannya, hal ini tentu akan membahayakan bagi pengendara roda dua yang melintas.

Kerusakan jalan di sebabkan oleh hujan deras yang mengguyur kawasan Bandung selama satu pekan ini.  Sistem drainase yang buruk, menyebabkan air melimpah dari gorong- gorong menuju jalan. Kontur jalan Cinunuk yang berada dibawah pemukiman warga, membuat air menggenangi jalan dan menyebabkan sejumlah jalan berlubang. Tak ayal kendaraan yang melintas dari arah Cileunyi – Cibiru dan arah Ujung berung – Cileunyi harus menurunkan kecepatannya .

Berdasarkan pantauan di lapangan, kemacetan terjadi sejak Rabu hingga Sabtu. Kepadatan lalu lintas terlihat dari arah Cileunyi – Tagog – Cinunuk – Ciguruwik – Cibiru Hilir hingga menuju Bunderan Cibiru.  Sementara dari arah Ujung Berung antrian kendaraan terlihat dari SPBU jalan A.H Nasution, Cipadung menuju bunderan Cibiru hingga Kantor Pembangkit Listrik Negara (PLN) Jl. Raya Cileunyi, dari arah jalan Soekarno Hatta antrian bermula dari Mapolda hingga Bunderan Cibiru.

Baca juga:  UKM Fokus Unpad Gelar Pameran Foto Pasar Tradisional

Menurut Mahasiswa UIN Bandung, Akmal, tidak biasanya jalan di kawasan Bunderan Cibiru Macet parah, biasanya kemacetan itu terjadi hari Senin dan Selasa terutama pada jam – jam berangkat kerja dan sekolah. “Ya biasanya macet engga separah ini, sekarang setiap hari, dari pagi sampai malam macet,” ungkapnya, Sabtu (4/3/2017).

Sementara itu, menurut Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Panyileukan, AKP. Herbas Sudewo ketika ditemui di Bunderan Cibiru, Sabtu ( 4/3/2017), kemacetan parah sudah terjadi selama tiga hari berturut – turut. Volume kendaraan yang meningkat setiap harinya, kemudahan mendapatkan kendaraan bermotor, dan rutinitas masyarakat yang semakin – hari semakin malam turut adil menyebabkan kemacetan, sementara ruas jalan tidak diperbesar.

Ia juga menambahkan bahwa, hujan yang mengguyur akhir – akhir ini menyebabkan Jalan Ciguruwik rusak parah. “Sejak tiga hari yang lalu hujan deras, jalan di perbatasan di Ciguruwik tergenang air hingga menyebabkan jalan berlubang, ini menjadi hambatan bagi pengendara,” pungkasnya.

Untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, petugas kepolosian melakukan pengarahaan arus lalu lintas di sepanjang jalan, dan bekerja ektra keras. Kanit Lantas Polsek Panyileukan Iptu Sopari mengaku bekerja dari pukul delapan pagi hingga malam hari. Sementara itu pihak Kapolsek Panyielukan sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bandung untuk segera memperbaiki jalan rusak tersebut. ”Tanggapan sudah ada, namun perlu waktu untuk melakukan perbaikan, supaya ada persiapan yang matang,” ujarnya.

 

Reporter : Yudistira/ Magang

Redaktur : Hasna Salma

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas