Kampusiana

UIN Bandung Buka Jalur Mandiri Sistem CBT

Dok. Suaka

Dok. Suaka

 

SUAKAONLINE.COM – Untuk pertama kalinya, UIN SGD Bandung melakukan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur mandiri melalui sistem Computer Based Test (CBT) atau ujian berbasis komputer pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2017.

Computer Based Test (CBT) adalah tes yang dilakukan dengan menggunakan komputer. Karakteristik dari tes ini yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian butir soal yang tidak lagi menggunakan kertas. Penerimaan mahasiswa baru melalui sistem komputer akan dilaksanakan pada tanggal 11 sampai 20 juli 2017.

Menurut Staff Humas UIN SGD Bandung, Muhammad Helmi Kahfi perubahan sistem penerimaan mahasiswa baru sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Hal ini juga untuk menyaring sumber daya calon mahasiswa yang lebih berkualitas.

Saat ini persiapan CBT sedang dilakukan, namun jumlah perangkat komputer yang akan digunakan, tempat pelaksanaan dan teknis tesnya belum jelas. “Nanti dirapatkan kembali,” ujar Helmi.

Untuk mengantisipasi masalah saat pelaksanaan tes CBT, pihaknya akan berkoordinasi dengan beberapa pihak, seperti PLN untuk tidak melakukan pemadaman listik saat tes berlangsung, Satpam untuk menjamin keamanan dan IT untuk memadamkan wifi agar mencegah peserta mencontek melalui internet.

Sebelumnya pihak humas, telah mensosialisasikan penerimaan mahasiwa baru melalui sistem komputer ke beberapa daerah di Jawa barat. “Untuk launching pertama kita bertempat di MAN 1 Tasikmalaya, ke Bogor, dan beberapa tempat lainnya,” tutur Helmi.

Menurut alumni UIN SGD Bandung jurusan Agroteknologi, Amirudin Sayid dengan diberlakukannya sistem tes berbasis komputer ini dianggap sangat baik, ia berharap program CBT terus diberlakukan dalam penerimaan mahasiswa baru. “Program CBT ini pasti akan menghasilkan kualitas mahasiwa yang benar-benar bagus pada saat keluar nanti, saya sudah melihat dari kampus lain yang menggunakan sistem CBT,” ujar Amir.

Baca juga:  Segudang PR untuk Wisuda 68

 

Reporter : Rezky Nabil Adam Harahap/ Magang

Redaktur : Dadan M. Ridwan

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas