Kampusiana

Menyesuaikan Jam Kerja PNS, SI Ubah Jadwal Kuliah

Sejumlah Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora keluar dari gedung perkuliahan FAH. Saat ini jadwal perkuliahan Jurusan Sastra Inggris diubah untuk menyesuaikan jadwal kerja Dosen PNS. Jumat (17/3/2017). (Yuliawati/ Magang)

SUAKAONLINE.COM – Jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) mengubah jadwal kuliah pada tahun ini. Sebelumnya jam pertama pukul 07.00 sampai 17.00 WIB menjadi pukul 07.20 sampai 16.00 WIB. Padahal dalam Fakultas Adab dan Humaniora, terdapat empat jurusan, yaitu Sastra Arab (SA), Sejarah Peradaban Islam(SPI), D3 Bahasa Inggris (BI), dan Sastra Inggris (SI), namun hanya SI yang mengubah jadwal.

Menurut Sekretaris Jurusan Sastra Inggris, Hasbi As Shidiq perubahan jadwal tersebut karena menyesuaikan jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). “Kan PNS tuh seharusnya absen jam 07.30 WIB, kalo ada dosen ngajar pukul 07.00 WIB, otomatis mereka absennya setelah selesai mengajar, yaitu jam 09.00 WIB. Nanti dikira telat lagi,” ujarnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/3/2017).

Dosen Fakultas Adab dan Humaniora, Ika merasa tidak ada kendala dengan perubahan jadwal tersebut, ia mengungkapkan jika jam kerja dosen kebanyakan melebihi jam kerja yang sudah ditentukan oleh Negara, maka dari itu pihak jurusan mengambil inisiatif ini. “Meskipun sekarang udah diubah jadwalnya, tetap saja kok yang kebagian ngajar sore melebihi jadwal PNS,” ungkapnya.

Berbeda dengan Ika, Wakil Dekan 3 Dadan Rusmana tidak setuju dengan perubahan jadwal tersebut karena memakan waktu sholat. “Sesuai surat edarkan Rektor, bahwa setiap adzan berkumandang, semua aktivitas kampus diberhentikan karena kita universitas yang menjunjung tinggi nilai agama,” ujarnya. Sehingga banyak dosen yang masih melakukan pembelajaran sebelum pukul 07.20 WIB, termasuk Dadan sendiri, tergantung kesepakatan dosen dan mahasiswanya.

Baca juga:  Orientasi Praktik Keguruan 2017

Mahasiswa Sastra Inggris, Vitya Eka merasa senang dengan perubahan jadwal tersebut. Dirinya bisa lebih santai ketika masuk kuliah pada jam pertama. “Jadi tidak terlalu terburu-buru,” terangnya.

 

Reporter         : Yuliawati/ Magang

Redaktur        : Dadan M. Ridwan

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas