Lintas Kampus

Unikom Gelar Workshop Bertajuk ‘The White Hacker’

Pemateri, Girindro Pringgo, yang merupakan Dosen Unikom, saat menyampaikan materi mengenai hacker, Auditorium Miracle Unikom, Sabtu (18/3/2017). Menurutnya hacker terbagi kedalam tiga bagian, yaitu hacker white, hacker black hacker gray. (Andis Andriawan/ Magang). 

SUAKAONLINE.COM – Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (SI), Universitas Komputer (Unikom), Bandung,  mengadakan workshop bertema ‘The White Hacker’ season 2 di Auditorium Miracle Unikom, Sabtu (18/3/2017). Dalam kegiatan tersebut disampaikan bahwa, hacker sendiri terbagi menjadi tiga bagian, antara lain hacker white, hacker gray dan hacker black.

Hacker white merupakan jenis hacker yang baik jika digunakan, sedangkan hacker black merupakan jenis yang berbahaya karena sering digunakan untuk mengumbar kebencian terhadap seseorang. Diantara keduanya, terdapat jenis hacker yang merupakan pertengahan antara white dan black, yang disebut hacker gray. Artinya hacker tersebut bisa baik atau buruk, tergantung dari orang yang menyikapinya.

Materi workshop yang disampaikan oleh Dosen Unikom, Girindro Pringgo, ia menyampaikan bahwa setiap orang perlu meningkatkan kepedulian terhadap keamanan informasi. Jika ditekuni dengan serius, keamanan informasi bisa menawarkan pekerjaan baru, yaitu sebagai konsultan keamanan. Barulah, dalam sesi kedua, ia mengajak peserta yang hadir untuk ikut mencoba apa yang telah ia sampaikan saat workshop berlangsung.

Menurut Ketua Pelaksana, Yudha Pratama, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan workshop ditahun ini mengalami peningkatan, dengan total 100 orang. Berbeda jauh dibandingkan pada tahun lalu, yang hanya mencapai 40 orang. “Alhamdulillah jumlah peserta pada tahun ini meningkat drastis jika dibandingkan tahun lalu. Pada season pertama saja, jumlah peserta hanya mencapai 40 orang dan alhamdulillah sekarang sudah mencapai 100 orang,” ujarnya.

Yudha menambahkan bahwa, rencananya ditahun depan, kegiatan yang sama akan kembali digelar dengan konsep yang berbeda. Ia juga berharap semoga dalam penyelenggaraan yang akan datang, jumlah peserta bisa bertambah, karena workshop ini ditujukan bagi seluruh mahasiswa yang ingin  menambah wawasan mengenai dunia informasi.

Baca juga:  Sistem Kontrol KKN Gunakan Line Here

Kegiatan yang dimulai sejak pagi hingga sore hari ini, tidak hanya diisi dengan kegiatan workshop mengenai dunia informasi saja. Akan tetapi turut dimeriahkan oleh penampilan Band Edelweis dengan menampilkan beberapa lagu, yang ikut menambah kemeriahan acara.

 

Reporter : Andis Andriawan/ Magang

Redaktur : Hasna Salma

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas