Kampusiana

Peserta PIONIR Wajib Berpakaian Sesuai Syariat Islam

Dok. Suaka

SUAKAONLINE.COM – Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) 2017 yang akan diselenggarakan di Banda Aceh pada tanggal 24 April hingga 1 Mei memiliki syarat khusus. Diantaranya peserta cabang olahraga diharuskan menggunakan pakaian sesuai syariat Islam yang menutup aurat. Hal ini telah diputuskan pada rapat PIONIR di Aceh awal bulan Maret lalu.

Menurut Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Ano Sutrisno pakaian yang diharuskan adalah celana training longgar untuk pria dan wanita. Khusus untuk wanita, harus menggunakan baju lengan panjang dan kerudung yang menutupi dada. “Harus pake training, dan itu harus di sosialisasikan ke peserta. Walaupun panas udara sampai 40 derajat,” ujarnya, Senin (20/3/2017).

Syarat berpakaian ini baru dilaksanakan pada PIONIR tahun ini di Banda Aceh dan akan terus berlanjut untuk perlombaan Pionir yang akan datang. Adapun sanksi bagi peserta yang melanggar aturan, maka tidak diperkenankan untuk ikut lomba.

Peraturan ini disayangkan oleh pelatih cabang tenis meja, Deni Supardan, menurutnya berpakaian syariat memang harus, akan tetapi untuk melakukan olahraga dengan pakaian seperti itu di rasa akan menyulitkan peserta. “Kalau untuk cewek tidak apa-apa sih. Tapi buat cowok kayaknya kurang pas. Tapi jika liatnya syariat Islam setuju-setuju saja,” ujar Deni, Jumat (24/3/2017).

Senada dengan Deni, peserta tenis meja putri, Anindita Saparina merasa kurang setuju dengan peraturan tersebut. Dirinya merasa kurang bebas bergerak saat bertanding, ditambah dengan suhu udara yang panas menambah ketidaknyamanan.

Pada PIONIR kali ini, UIN SGD Bandung mengikuti 21 cabang perlombaan dan 9 cabang olahraga. Diantaranya Futsal, Volley Ball, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Catur, Panjat Dinding, Silat, Karate, Basket.

Baca juga:  Bandung Night Ride Kampanyekan Budaya Bersepeda

 

Reporter : Anggi Nindya Sari / Magang

Redaktur : Dadan M. Ridwan

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas