Opini

Air Solusiku

Ilustrasi (Nurjandi Abdillah/ Magang).

Oleh Fakhri Diska Fauzi*

Saat ini air sangat mudah untuk dikembangkan dalam hal apapun, apalagi digunakan untuk kehidupan sehari-hari yang akan bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama. 22 Maret 2017 diperingati sebagai hari air sedunia dimana air merupakan kebutuhan vital bagi mahluk hidup, hampir semua kegiatan yang dilakukan di muka bumi ini memerlukan air. Kebutuhan air juga sangat tinggi karena jumlah penduduk semakin meningkat.

Maraknya pembangunan juga mengakibatkan  daerah tangkapan air berubah menjadi bangunan-bangunan dan gedung-gedung pencakar langit yang mewah. Jika kondisi ini tidak dicermati banjir akan terus terjadi dan ketersediaan air bersih akan semakin menitipis.

Air yang memadai bagi konsumsi manusia hanya 0,003% dari seluruh air yang ada (Effendi, 2003). Habitat air tawar menempati daerah yang relatif kecil pada permukaan bumi dibandingkan habitat laut dan daratan. Namun kepentingannya bagi manusia jauh lebih berarti karena habitat air tawar merupakan sumber air yang praktis dan murah untuk berbagai keperluan, baik rumah tangga, domestik, maupun industri. Selain itu ekosistem air tawar menawarkan sistem pembuangan yang memadai dan paling murah (Odum, 1996).

Sebagai generasi muda, sebenarnya kita dapat mengubah air menjadi lebih bermanfaat seperti Instalasi pengolahan air bersih, instalasi pengolahan air limbah, yang dioperasikan dan dipelihara baik. Sehingga mampu menghilangkan substansi beracun dari air yang tercemar. Walaupun demikian, langkah pencegahan tentunya lebih efektif dan bijaksana.

Salah satu contoh, air dapat berguna bagi kehidupan sejak jaman dahulu sampai sekarang, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) skala mikro, hingga saat ini menjadi alternatif sumber energi yang paling populer, terutama di wilayah yang terpencil/pedesaan. Situasi ini  dikarenakan, sistem pembangkit tenaga mikrohidro ini dapat dipasang di sungai kecil dan tidak memerlukan dana yang besar. Sehingga dampaknya terhadap lingkungan pun sangat kecil.

Baca juga:  Mengkritisi Penggusuran Lewat Cerita Dhemit

Manfaat energi air  atau energi mikrohidro sendiri berguna untuk saluran irigasi, penerangan  listrik rumah penduduk, karena seperti yang kita ketahui air memiliki energi alami yang sangat besar. Jenis energi alternatif yang satu ini dapat dikonversikan menjadi energi listrik, dan pembangkit listrik tenaga air pun tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca sehingga sangat ramah lingkungan. Tak hanya itu saja air, juga merupakan sumber energi terbarukan karena secara selalu terisi melalui siklus hidrologi bumi.

Setelah membaca dan mengetahui banyak pemanfaatan dari air untuk lingkungan, kita perlu melindungi dan melestarikan sumber air melalui pemeliharaan kelangsungan fungsi resapan dan daerah tangkapan air, pengendalian pemanfaatan sumber air, pengisian air pada sumber air, pengaturan prasarana dan sarana sanitasi,  perlindungan sumber air dalam hubungannya dengan kegiatan pembangunan dan pemanfaatan lahan pada sumber air, pengendalian pengolahan tanah di daerah hulu, pengaturan daerah sepadan dengan sumber air, rehabilitasi hutan dan lahan, pelestarian hutan lindung, dan kawasan pelestarian alam.

Sungguh banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari air untuk lingkungan dengan berbagai cara yang telah kita ketahui, maka dari itu jagalah lingkungan kita sebelum tercemar dan terkontaminasi dengan hal-hal buruk yang mendekati air dan lingkungan kita. Air bukanlah masalah jika kita bisa membaca peluang yang ada, dan manfaatnya sangat ramah lingkungan.

*Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, UIN SGD Bandung.

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas