Lingkungan dan Kesehatan

Melalui Bakling Mahasiswa Agroteknologi Berbakti

Mahasiswa Agroteknologi berfoto bersama Pasukan Gorong-Gorong dan Kebersihan, Jumat (14/4/2017). Usai melaksanakan kegitan bersih-bersih sekitar kampus, Jalan Manisi dan Pasir Biru, Cipadung, Bandung.  (SUAKA/ Fantyana Huwaida’a).

SUAKAONLINE.COM–  Melalui kegiatan Bakti lingkungan (Bakling), Mahasiswa Agroteknologi UIN SGD Bandung  bersihkan lingkungan kampus, jalan manisi, pasir biru serta membagikan 300 bibit tanaman, Jumat (14/4/2017). Kegiatan ini didukung penuh oleh Dinas Pertanian Jawa Barat  dan Pasukan gorong-gorong dan kebersihan (Gober) Desa Cipadung.

Ketua Pelaksana, Fedora Gusti mengatakan bahwa, tujuan diadakannya acara ini untuk menunjukkan rasa cinta pada lingkungan dan berbakti kepada masyarakat. Menurutnya mahasiswa tentu tidak akan terlepas dari masyarakat, sehingga diharapkan mahasiswa menjadi lebih dekat dengan masyarakat.  “Ini merupakan salah satu timbal balik dari mahasiswa kepada masyarakat,” ujarnya.

Acara yang bertemakan ‘Keindahan Lingkungan, Kebahagiaan Bersama’ berisikan kegiatan bersih-bersih serta pembagian 300 bibit tanaman kepada masyarakat berupa bibit tanaman durian, jambu kristal, jambu bol, jeruk dan mangga pemberian Dinas Pertanian Jawa Barat. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta pada tanaman juga lingkungan sekitar.

Pria yang akrab disapa Edo itu berharap, agar kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan atau dua bulan sekali. ia mengaku bahwa kegiatan ini didukung penuh oleh pihak Kelurahan Pasir Biru, Cipadung dan Rukun Warga di sekitar kampus UIN SGD Bandung. Ia juga berharap kedepannya pihak kampus bisa ikut andil dalam kegiatan ini.

Koordinator pasukan Gober, Mochamad Ridwan, menyambut baik dan mengatakan bahwa kegiatan ini bagus untuk menunjukkan suri tauladan mahasiswa kepada masyarakat. “Sampah ini merupakan hal yang penting dan jangan dianggap remeh, sehingga harus di dahulukan,” tuturnya. Ridwan juga  mengaku cukup terkesan dan bertermakasih kepada Mahasiwa Agroteknologi, yang ikut membantu.

Baca juga:  Mapping, Proses Adaptasi Maba Saintek

Ibnu Khabibi Ahmad, mahasiswa agroteknologi semester 4 merespon positif terhadap acara ini. Ia juga mengatakan bahwa masalah sampah bukan lagi masalah ringan yang harus diselesaikan. selain itu, kegiatan bakti lingkungan ini berkaitan erat dengan jurusan Agroteknologi.

Dengan mengikuti kegiatan ini Ibnu berharap masyarakat termotivasi untuk menjaga lingkungan dan melihat aksi nyata mahasiswa. Ibnu juga berharap kegiatan ini dilakukan berkesinambungan, berkala  dan berskala yang lebih luas lagi.

 

Reporter : Fantyana Huwaida’a

Redaktur : Hasna Salma

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas