Infografis

Daftar Akreditasi Program Studi UIN Bandung

 

SUAKAONLINE.COM, Infografis – Akreditasi menentukan kelayakan suatu program studi (prodi) ataupun perguruan tinggi. Penentuan tersebut mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Akreditasi tercantum dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  Nomor 32 tahun 2016 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Akreditasi perguruan tinggi bisa ditentukan setelah akreditasi semua prodi di suatu perguruan tinggi sudah terakreditasi. Masa berlaku untuk status akreditasi berlaku hingga lima tahun. Yang memeriksa dan memberi penilaian pada prodi adalah Lembaga Akreditasi Mandiri-Perguruan Tinggi (LAM-PT), sedangkan perguruan tinggi oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT).

UIN SGD Bandung memiliki beberapa prodi yang belum terakreditasi sedangkan sebagian di antaranya tengah meningkatkan akreditasi yakni jurusan Administrasi Publik, Sosiologi, Psikologi, Akuntansi Syariah, Ekonomi Syariah, dan Teknik Elektro. Bisa dilihat dalam infografis, hanya 14 dari 33 prodi yang sudah terakreditasi A.

Akreditasi prodi sangat penting bagi setiap perguruan tinggi termasuk UIN SGD Bandung, karena hal itu sangat mempengaruhi akreditasi kampus. Sedangkan saat ini kampus hijau, julukan UIN SGD Bandung, sudah terakreditasi B tertanggal 19 April 2015 dan akan kadaluarsa lima tahun berikutnya.

Dilansir dari laman uinsgd.ac.id pada berita tanggal 19 Juni 2015, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Didin Jamaluddin menargetkan akan adanya peningkatan akreditasi kampus pada 2017 menjadi A. Upaya tersebut dilakukan dengan cara meningkatkan 16 prodi yang terakreditasi C dan 2 prodi yang belum terakreditasi.

Dari data terbaru tahun 2017, di situ tertulis berkurangnya jumlah prodi yang terakreditasi C. Tersisa 4 prodi yang sedang dalam proses peningkatan dengan 2 prodi baru di Fakultas Syariah dan Hukum (FSH). Hal itu dibarengi juga dengan beberapa prodi di beberapa fakultas yang mengganti namanya.

Baca juga:  Ribuan Driver Online Menggelar Aksi Damai

 

Peneliti: Andis Andriawan/ Magang

Sumber Data: Lembaga Penjaminan Mutu UIN SGD Bandung

2 Komentar

2 Comments

  1. Dari aku yang kamu tinggalkan

    15 April 2017 at 20:14

    Mantap. Nuhun Suaka.

  2. Deni Rizki Rifaldi

    18 Juni 2017 at 11:45

    Tapi ko di web UIN SGD nya , program studi manajemen masih akreditasi C ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas