Kampusiana

Reuni Akbar SI, Bentuk Ikatan Alumni Baru

Dari kiri ke kanan, Sekretaris Jurusan SI Hasbi Assiddiqi, Wakil Dekan 2 FAH Dedi Supriadi, Dekan FAH Setia Gumilar, Ketua Ikatan Alumni SI Hendra Guntara, Wadek 3 FAH Dadan Rusmana, dan Kajur SI Lili Awaludin, berfoto bersama sesaat setelah pengesahan ketua Ikatan Alumni Sastra Inggris dalam acara penutupan Reuni Akbar Sastra Inggris. Dengan tema Reunited dan berlangsung di Aula Anwar Musaddad, UIN SGD Bandung, Minggu (23/4/17). Acara penutupan ini dihadiri oleh para alumni Sastra Inggris dari angkatan 1998 sampai 2002. (Riswan Taufik Masdiana/ Magang).

SUAKAONLINE.COM – Penutupan Reuni Akbar Jurusan Sastra Inggris, dipenuhi dengan riuh tawa dan percakapan para pengunjung yang datang dengan membawa serta anak-anaknya. Acara penutupan yang mengusung tema ‘Reunited’ ini dihadiri oleh alumni SI dari angkatan 1998-2013 dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Setia Gumilar, di Aula Anwar Musaddad UIN SGD Bandung, Minggu (27/4/17).

Dalam pidatonya, Setia Gumilar mengatakan bahwa, acara ini akan bermanfaat untuk menunjang reakreditasi jurusan SI. Ia juga berharap agar jurusan-jurusan lain seperti Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan D3 Bahasa Inggris agar dapat mengadakan kegiatan yang serupa. “Semoga nanti Sastra Inggris mendapatkan akreditasi A kembali,” ungkapnya.

Salah satu rangkaian acara Reunited ini yaitu pengesahan ketua Ikatan Alumni Sastra Inggris terpilih, Hendra Guntara yang akan mengemban amanah tahun 2017-2022. Dalam sambutannya, Hendra mengatakan bahwa manfaat dibentuknya ikatan alumni ini untuk membangun pola silaturrahmi para alumni yang intens. “Selain pola silaturahmi yang intens, adanya ikatan alumni ini membantu membuat program-program yang akan mengharumkan Sastra Inggris,” ungkap pria berkaca mata tersebut, Minggu (23/4/17).

Baca juga:  Wisuda ke 68, Mahmud : Adopsilah Filosofi Rumput

Puncak dari acara Reuni Akbar ini merupakan rangkaian acara dari keseluruhan kegiatan seperti talkshow, yang pembicaranya merupakan alumni SI sendiri. Kemudian Job Share dan Job Conference pada 20 April, serta musyawarah pemilihan ketua Ikatan Alumni SI pada 22 April 2017.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 pagi ini menampilkan hiburan-hiburan yang diisi oleh para alumni dan juga dosen SI. Beberapa penampilan ialah aksi hipnosis oleh Dani, nyanyian lagu-lagu yang dibawakan secara solo oleh Hendra angkatan 2002, Games tebak kata, Pembacaan puisi, penampilan band-band para alumni, serta pemutaran video alumni yang menampilkan kenangan mereka semasa kuliah.

Ketua Pelaksana, Bayu mengatakan acara yang mengusung tema Reunited ini adalah reuni akbar pertama Sastra Inggris yang dihadiri oleh alumni dari angkatan 1998 sampai 2013. Menurutnya acara ini diadakan sebagai ajang untuk merekatkan para alumni yang kurang koordinasi serta membentuk kembali ikatan alumni SI ke-dua yang sebelumnya telah lama vakum pada tahun 2012.

“Temanya kan Reuinted yang berarti menyatukan, nah salah satu tujuannya yaitu untuk menyatukan kembali ikatan alumni yang telah lama berhenti,” ujar Bayu saat diwawancarai Suaka, Minggu (23/4/17).

Bayu juga berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat terbentuk ikatan alumni SI yang memiliki fungsi pengawasan, pengabdian, juga kerjasama dengan pihak jurusan agar dapat mengakomodir alumni yang berpotensi untuk membantu mahasiswa.

Salah seorang alumni SI angkatan 2000, Aini Nuraini yang berdomisili di Kupang, NTT mengatakan bahwa dirinya rela datang jauh-jauh untuk menghadiri acara reuni akbar SI ini. Menurutnya SI bukan hanya sekedar jurusan, akan tetapi sebuah keluarga. Hubungannya dengan sesama teman sudah seperti saudara sendiri, dan ia memanfaatkan momen ini sebagai ajang untuk melepas rindu. “Ya harapannya semoga acara semacam ini ada terus dan kalau bisa diadakan di NTT,” ucap Aini dengan nada bercanda, Minggu (23/4/17).

Baca juga:  Segudang PR untuk Wisuda 68

 

Reporter : Riswan Taufik Masdiana/ Magang

Redaktur : Hasna Salma

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas