Lintas Kampus

Lingkar Literasi, Bukti Pemuda Cicalengka Peduli Literasi

Dari kiri, Ketua Pelaksana, Nurul Maria Sisilia, pemateri satu Aam Siti Aminah, pemateri dua Agus Sopandi, dan pemateri tiga Abdul Kholik, saat berdiskusi pada kegiatan Lingkar Literasi Cicalengka di Gor desa Cicalengka Wetan, Sabtu (29/4/2017). Kegiatan ini sebagai bukti anak muda Cicalengka peduli dengan literasi. (Anggi Nindya Sari/ Magang)

 

SUAKAONLINE.COM – Tumbuh suburnya kegiatan literasi di Cicalengka Kabupaten Bandung yang digagas oleh anak-anak muda, menghasilkan banyak taman baca. Untuk menyatukan suara pergerakan, maka diadakan forum literasi melalui lingkar literasi Cicalengka di Gor Desa Cicalengka Wetan, Sabtu (29/4/2017).

Menurut Ketua Pelaksana, Nurul Maria Sisilia kegiatan ini sebagai bukti anak-anak muda Cicalengka semangat dan peduli dengan dunia  literasi. “Kita harus menghilangkan stigma bahwa tidak ada alasan untuk tidak membaca,” ujarnya.

Selain itu, forum  literasi ini adalah untuk meningkatan minat membaca masyarakat Cicalengka, hal itu akan diwujudkan dengan gerakan sudut baca yaitu dengan membuka perpustakaan mini di tempat-tempat tertentu, seperti tempat potong rambut. Selain itu, fokus utama lingkar literasi ini adalah untuk memperbanyak taman baca di Cicalengka.

Ia berharap taman baca harus terus ada sebagai jalan untuk berkarya. Karena buku merupakan jendela dunia yang sangat bermanfaat. “Jangan sampai taman baca itu muncul, hilang, lalu muncul kembali,” ujarnya.

Menurut Camat Cicalengka, Entang Kurnia kegiatan lingkar literasi ini sejalan dengan visi dan misi Cicalengka dalam pengembangan sumber daya manusia.”Kegiatan ini sangat bagus untuk memajukan Cicalengka dan bisa menumbuhkan kecintaan pada membaca,” ujarnya saat membuka acara lingkar literasi Cicalengka, Sabtu (29/4/2017).

Ia menambahkan bahwa pembangunan tidak hanya harus dilakukan oleh pemerintah, tapi harus ada sinergi dengan masyarakat untuk membangun. Di akhir sambutannya ia menegaskan bahwa seharusnya membaca buku itu dibudayakan sejak dini bukan dipaksakan.

Baca juga:  Bekraf Sosialisasikan 3 Rantai yang ada dalam Dunia Musik

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa taman baca yang ada di Cicalengka, diantaranya, taman baca Kali Atas, Sudut Kampung, Pohachi, Rineisan, dan Pustaka Senja.

 

Reporter : Septian Setiawan dan Anggi Nindya Sari/ Magang

Redaktur : Dadan M. Ridwan

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas