Infografis

5 Prodi dengan Peluang Tertinggi dan Terendah

 

Jumlah mahasiswa UIN SGD Bandung tahun 2016, dibandingkan dengan tahun 2015 lalu, terjadi peningkatan sebesar 1,32 % namun peningkatan ini tidak sebesar tahun tahun sebelumnya, seperti tahun 2014 (7,5%) dan tahun 2013 (9,27%). Bisa diambil kesimpulan, peningkatan jumlah mahasiswa tahun 2016 tidak signifikan.

Terdapat lima prodi dengan data perbandingan yang besar, yaitu Manajemen Keuangan Syariah, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Muamalah dan Pendidikan Matematika. Lima prodi ini menjadi prodi paling diminati karena kebutuhan akan masyarakat terhadap Pendidikan dan Ekonomi Syariah juga dilihat dari akreditasi, prodi Muamalah dan Manajemen Keuangan Syariah memiliki akreditasi A dengan diperkuat dari data LP2M.

Ada pun lima prodi dengan data perbandingan yang tipis, yaitu Perbandingan Mazhab dan Hukum, Perbandingan Agama (berubah nama menjadi Studi Agama-Agama), Filsafat Agama, Ilmu Hadist dan Ilmu Al’quran dan Hadist (Ilmu Quran Tafsir). Kelima prodi itu menjadi prodi dengan perbandingan yang tipis karena masyarakat yang awam akan prodi tersebut, padahal Ilmu Al qur”an dan Tafsir memiliki akreditasi A dan empat lainnya memiliki akreditasi B.

Tahun lalu UIN SGD Bandung menyediakan kuota kurang lebih 7972. Berbeda dengan tahun ini yang hanya menyediakan kuota sebesar 5805, hal tersebut diperkirakan perbandingan jumlah peminat dan yang lulus pada tahun 2017 akan bertambah dikarenakan kuota yang semakin berkurang dan peminat yang tetap akan tinggi.

 

Sumber : Humas UIN SGD Bandung

Peneliti : Muhamad Emiriza/ Magang

Baca juga:  Terbentuknya Kepanitiaan OPAK
3 Komentar

3 Comments

  1. Hamba allah

    30 April 2017 at 06:59

    Asik aya mu a ma lah mu a ma lah

  2. unknown

    30 April 2017 at 13:42

    maaf itu akidah filsafat (af) tidak berganti nama, yang ganti nama perbandingan agama

    • unknown

      1 Mei 2017 at 02:36

      Silahkan lihat di web uin nya kaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas