Pendidikan dan Budaya

Administrasi Beasiswa DIPA

Foto: http://scholarshiphunter.files.wordpress.com

SUAKAONLINE.COM – Dana Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) merupakan salah satu beasiswa dari pemerintah yang disediakan UIN SGD Bandung, bagi mahasiswa yang berprestasi baik akademik maupun non akademik. Ratusan mahasiswa dari masing-masing fakultas sudah mulai mendaftarkan diri sejak 5-7 Mei lalu.

Terkait proses administrasi beasiswa DIPA, Kepala Bagian Kemahasiswaan, Ano Sutrisno menjelaskan bahwa langkah pertama setelah beasiswa ini disosialisasikan yaitu melakukan pendaftaran secara online dan diproses oleh fakultas.

Kemudian setelah pengumuman kelulusan, mahasiswa yang lulus hasil seleksi tahap satu, diharuskan melengkapi persyaratan yang disediakan. Barulah ditetapkan SK dari al-Jamiah untuk  diajukkan ke Kantor Pembendaharaan Negara (KPN).

“Pencairan uang langsung ditransfer ke rekening mahasiswa senilai dua juta rupiah,” tambahnya saat ditemui suaka di ruang kerjanya, Rabu (31/5/2017). Adapun peranan fakultas dalam proses administrai beasiswa ini ditanggung jawabkan kepada Wakil Dekan III setiap fakultas.

Wadek III Fakultas Syariah daan Hukum, Dudang Gojali menjelaskan bahwa, fakultas disini berperan untuk mensosialisasikan beasiswa, kemudian menyeleksi mahasiswa pendaftar, lalu menginput data hasil seleksi, setelah itu merekomendasikan kepada al-Jamiah. Dan yang terakhir meskipun pengumuman kelulusan ini diumumkan secara online, fakultas juga mengumumkan dalam bentuk berkas atau hardfile.

Ano menambahkan mengenai persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa pendaftar beasiswa DIPA diantaranya seperti transkrip nilai, surat keterangan kelakukan baik, IPK minimal 3,25, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), rekening aktif dan bukti prestasi non akademik.

Terkait pencairan dana, Dudang menambahkan bahwa, sistem pencairan saat ini berbda dengan tahun kemarin. “Tahun kemarin itu kan mahasiswa pendaftar harus bikin rekening BSM, padahal belum tentu lulus apa tidaknya, namun setelah diprotes, tahun sekarang jadi yang sudah lulus tahap satu baru boleh bikin rekening BSM,” terangnya, Rabu (31/5/2017).

Baca juga:  Majelis Patani Bicarakan Perdamaian

Wakil Dekan III Fakutas Adab dan Humaniora, Dadan Rusmana berharap kepada mahasiswa yang mendapatkan beasiswa DIPA agar senantiasa mempertahankan prestasinya. Karena beasiswa ini dapat dikatakan juga sebagai ajang untuk memberi motivasi kepada mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi supaya lebih bertanggung jawab lagi dengan prestasinya.

 

Reporter : Nuraeni

Redaktur : Hasna Salma

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas