Kampusiana

Kejelasan Ujian Mandiri UIN Bandung Periode 2017-2018

Dok. Suaka

 

SUAKAONLINE.COM – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN SGD Bandung tinggal menyisakan satu tahapan yakni Ujian Mandiri, setelah empat tahapan lain seperti SNMPTN, SPAN PTKIN, UMPTKIN dan SBMPTN sudah dilaksanakan. UIN SGD Bandung sendiri membuka pendaftaran untuk Ujian Mandiri dari tanggal 2 sampai 22 Juni 2017.

Ujian Mandiri kali ini dilaksanakan dari tanggal 11 hingga 20 Juli 2017 dan dilakukan dengan Computer Based Test (CBT). Menurut Kepala Bagian Akademik, Wawan Hermawan, persiapan untuk Ujian Mandiri sudah maksimal bahkan minggu kemarin sudah diadakan simulasi. “Kami sudah sangat siap untuk Ujian Mandiri CBT, toh ini juga tidak ada bedanya sama SBMPTN dengan menggunakan CBT kan, jadi untuk persiapan nya sudah maksimal dan tidak ada kendala.” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya di Gedung Aljamiah lantai tiga, Senin (12/6/2017).

Untuk ruangan nya sendiri, Ujian Mandiri Computer Based Test UIN SGD Bandung di lakukan di gedung Lecture Hall dengan memakai 10 ruangan dan satu ruangan sebagai cadangan, dengan terdapat 20 sampai 25 kursi didalamnya. Untuk jadwal Ujian Mandiri, setiap hari nya akan dibagi menjadi 4 keloter, jadi setiap peserta akan di acak dan kebagian hari dan waktu yang berbeda dari tanggal 11 – 20 Juni.

“Setiap Peserta akan kebagian jadwal diantara tanggal 11 – 20 Juli dan kebagian keloter yang berbeda beda, jadi bukan setiap peserta melakukan test dari 11 – 20 Juli, tapi tanggal itu hanya tanggal test saja,” Tambah Wawan ketika disinggung mengenai jadwal Ujian Mandiri

Menurutnya Ujian Mandiri juga tidak akan ada kebocoran soal walaupun terjadi sistem keloter karena 100 soal akan diacak setiap keloternya, dan dari pengawas juga pihak UIN menggunakan tenaga dosen dengan dibantu operator dari mahasiswa Teknik Informatika. “Inshaallah tidak akan ada kebocoran soal dan kalo dari pengawas sama saja seperti SBMPTN kemarin, dari tenaga dosen dan dibantu Mahasiswa Teknik Informatika sebagai operator,” jelasnya.

Baca juga:  UKM Fokus Unpad Gelar Pameran Foto Pasar Tradisional

Untuk Kuota Ujian Mandiri sendiri yakni hanya 20 persen atau sebesar 1370 mahasiswa yang akan diterima. Wawan menyatakan peminat Ujian Mandiri UIN SGD Bandung akan membludak, hal ini dibuktikan dengan sudah masuknya peserta ujian sebesar 3000 lebih sampai hari jumat kemarin. Dan apabila peminat membludak, jadwal Ujian Mandiri akan di perpanjang sehingga bersifat kondisional.

 

Reporter : Muhamad Emiriza

Redaktur : Hasna Salma

1 Comment

1 Comment

  1. dea

    19 Juni 2017 at 11:53

    assalamualaikum, maaf mengganggu, tapi saya ingin bertanya, kenapa saya tidak bisa log in? padahal email dan password pun benar, dan reCATCHA pun sudah di isi dan benar, tapi di situ tertera username dan passwaord salah, bagaimana mengatasinya? mohon bantuannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas