Kampusiana

Persiapan KKN Sisdamas 2017

Mahasiswa KKN Sisdamas 2017 sedang melakukan pengangkutan barang keperluan selama KKN di depan Gedung O. Djauharudin AR, Selasa (7/2/2017). Barang-barang tersebut diangkut sebelum mahasiswa berangkat menggunakan bus Damri dini hari nanti. (SUAKA/ Dadan M. Ridwan)

Dok. Suaka

 

SUAKAONLINE.COM – Persiapan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN Sisdamas) 2017 bagi mahasiswa 2014, sudah memasuki tahap perizinan lokasi penyelenggaraan. Hingga saat ini sudah terdapat empat kota/ kabupaten yang akan dijadikan lokasi KKN Sisdamas.

Kepala LP2M, Ramdani mengungkapkan rencananya seluruh tempat pelaksanaan KKN Sisdamas yang dilaksanakan di empat kabupaten/kota, terdiri dari 19 kecamatan dan 110 desa. Diantaranya Kabupaten Bandung Barat ; Kecamatan Parongpong, Cisarua, Ngamprah. Kabupaten Bandung ; Kecamatan Rancaekek, Nagreg, Cicalengka, Paseh, Cikancung. Kota Banjar ; Kecamatan Pataruman, Purwahaja, Langansari, Banjar. Kabupaten Majalengka ; Kecamatan Talaga, Ligung, Maja, Argapura, Sumberjaya, Sindangwangi, dan Bantarujeg.

Dalam pelaksanaan KKN Sisdamas kali ini, Kabupaten Majalengka menjadi tempat terbanyak pemilihan lokasi yang berjumlah tujuh kecamatan. Setiap kecamatan tersebut memiliki lima desa yang akan menjadi proses pelaksanaan kegiatan tahunan ini.

Sedangkan Kota Banjar menjadi salah satu tempat yang paling antusias memberikan tempatnya dalam kegiatan ini. Hal tersebut tergambarkan dengan sikap pemerintah setempat yang memberikan sarana dan prasarana KKN.

Selain dari tempat yang sudah ditentukan, persiapan KKN Sisdamas kali ini juga sudah disosialisasikan ke masing – masing ketua prodi yang nantinya akan disampaikan langsung kepada peserta KKN. “Barusan sudah sosialisasi ke masing – masing ketua prodi dan disampaikan tentang apa dan bagaimana KKN Sisdamas 2017 untuk mahasiswa 2014,” ujarnya.

Pria lulusan Hukum Keluarga ini juga memperkirakan setidaknya ada sekitar 4.900 lebih mahasiswa yang akan melaksanakan salah satu kegiatan wajib tersebut. Jumlah ini tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya yang mencapai 4.800 peserta.

Ia menambahkan nantinya jika peserta sudah mendaftar dan memilih tempat, namun dalam proses kegiatan tersebut terdapat peserta yang ingin berpindah tempat, pihaknya tidak akan mengabulkannya kecuali masalah tersebut menyangkut kesehatan dan keselamatan.

Baca juga:  Pikiran Rakyat Menolak Gugatan yang Diajukan Zaky Yamani

Selain harus sudah mengikuti 75 % total dari program mata kuliah dari masing – masing jurusan, peserta harus mendaftarkan dirinya melalui website resmi http://pusatpengabdian.uinsgd.ac.id yang dibuka dari tanggal 19 – 22 Juli untuk bisa mengikuti proses KKN yang berlangsung dari 1 Agustus sampai 2 September tersebut.

Menurut salah seorang peserta KKN, Lia, menyayangkan kurangnya informasi tambahan soal kegiatan tersebut terlebih jarak antara batas akhir pendaftaran dengan pelaksanaan hanya berselang beberapa waktu sehingga persiapan dari peserta dirasa tidak bisa maksimal. Rencananya pada tanggal 31 Juli nanti Rektor UIN Bandung akan membuka langsung pelaksanaan kegiatan ini di Aula Anwar Musadad.

 

Reporter : Andis Andriawan

Redaktur : Dadan M. Ridwan

1 Comment

1 Comment

  1. elismardiana

    16 Juli 2017 at 20:08

    itu gak salah tanggal 31 Juni?
    Tanggal 31 Juli kali Rektor UIN Bandung akan membuka langsung pelaksanaan kegiatan ini di Aula Anwar Musadad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas