Lintas Kampus

Bela Al – Aqsha, Masa Aksi Gelar Long March

Wakil Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial (Baju Merah) sedang menyampaikan orasinya dalam acara long march bersama aliansi masyarakat selamatkan Al-Aqsha Jawa Bawart di depan Bandung Indah Plaza Jalan Merdeka Bandung, Jumat (21/7/17). Kegiatan ini bertujuan untuk menyikapi perlakuan tentara palestina yang sudah satu minggu menutup Masji Al-aqsha di Palestina. (Anggi Nindya Sari/ SUAKA).

SUAKAONLINE.COM – Aliansi Masyarakat Selamatkan Al-Aqsha menggelar aksi bela Al-Aqsha dengan melakukan long march bersama umat Islam di Jawa Barat, yang menyuarakan dukungannya atas apa yang terjadi di Masjid Al-Aqsha Palestina. Long March ini dilaksanakan serentak di seluruh dunia selesai salat Jumat berjamah, Jumat (21/7/2017) salah satunya dilakukan di Jawa Barat, dengan menuntut pembebasan Al-Aqsa atas Israel.

Usai salat jumat berjamaah dilaksanakan, masa aksi berkumpul sebelum melakukan long march pukul 13.00 menyusuri Jalan Diponegoro menuju Gedung Sate, untuk kemudian berorasi dan melakukan aksi teatrikal.

Aksi long march ini merupakan gerakan awal atas apa yang terjadi di Palestina, “Ini adalah gerakan awal kita, seminggu setelah penutupan ini. Di Awali dengan demonstrasi-demonstrasi di sekitar Masjidil Aqsha dan suara itu bergema sampai seluruh ulama internasional menyuarakan untuk diadakan Jumatul Qadab,” ujar Ketua Amsa Gaos, Abdul Hamid.

Ini merupakan jumat pertama aksi ini dilaksanakan sebagai bentuk kecintaan terhadap sesame muslim, dan membela masjidil aqsha. Abdul Hamid menuturkan, kedepannya jika Israel terus melakukan penutupan atas Masjidil Aqsha mereka akan mengumpulkan lebih banyak masa dan meneruskan perjuangan lebih keras dengan suara lebih lantang lagi.  Bahkan jika mungkin mereka akan melakukan long march  setiap hari Jumat.

“Hari ini dari kota Bandung kita selaku umat manusia apalagi memiliki kesamaan hidup dengan mereka, perlu dan wajib ikut membebaskan Al-Aqsha. Saya ingin mengajak masyarakat bandung membangun ukhuwah kebersamaan dalam rangka bersama-sama merasakan apa yang dirasakan teman-teman di Kota Palestina,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial saat melakukan orasinya di depan Mall Bandung Indah Plaza, Jalan Merdeka Bandung.

Baca juga:  Kritik Toleransi yang Intoleran

Di Indonesia sendiri terdapat 5 titik aksi masa yang melakukan long march, salah satu titik berada di Bandung, Jawa Barat. Aksi long march ini sendiri dilakukan dari Masjid Pusda’I menuju Gedung Sate, Gedung DPRD Kota Bandung, Mall Bandung Indah Plaza di Jalan Merdeka, dan berakhir di Masjid Ukhuwah Bandung.

 

Reporter : Anggi Nindya Sari

Redaktur : Hasna Salma

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas