Kampusiana

Pemberkasan Mahasiswa Baru Dilakukan Hari Ini

Petugas memeriksa kelengkapan perberkasan mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018 di Aula Abjan Soelaeman, Rabu (9/08/2017). Pemberkasan sendiri dilakukan sejak 8 – 16 Agustus dan menjadi tahap akhir sebelum dimulainya Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). (Andis Andriawan/ Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Setelah serangkaian tes masuk dan proses verifikasi, akhirnya tahap akhir untuk para mahasiswa baru agar bisa resmi dinyatakan sebagai mahasiswa UIN Bandung tiba. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip)  mendapat jatah pertama melakukan penyerahan pemberkasan yang diadakan di Gedung Abdjan Soelaiman, Selasa (8/8/2017).

Dalam penyerahan pemberkasan, panitia menetapkan kelengkapan yang harus ada di dalam map yang warnanya telah ditetapkan. Selain itu kolom foto, resi pembayaran dan ceklis semua kelengkapan  harus berada didepan map.

Menurut petugas pemberkasan, Irsyad Julaili, para mahasiswa sering kali melakukan kesalahan di resi pembayaran. “Kebanyakan mereka tidak memfotocopy resi pembayaran jadi harus balik lagi untuk potocopy,” ungkapnya.

Irsyad menambahkan, mahasiswa yang melakukan pemberkasan sering tidak membawa SKHUN dan Ijazah karena belum keluar. “Untuk syarat, biasanya yang tidak mereka bawa itu SKHUN dan Ijazah karena dari sekolahnya sendiri belum keluar jadi pakai yang sementara,” terangnya.

Menurut mahasiswa baru Jurusan Manajemen, Fathur Nauval awalnya sempat bingung karena masih awam soal UIN dan harus pergi ke dua gedung sekaligus.” Mungkin saya masih awam ya, soal UIN jadi pertama pusing pas harus ke gedung anwar musadad untuk tes urine dan ke gedung abdjan soelaiman untuk penyerahan pemberkasan,” ujarnya.

Nauval berharap nantinya panitia bisa memberi petunjuk jalan ataupun seseorang untuk bertugas memberi arahan jalan. “Mungkin nantinya bisa disimpan papan petunjuk arah agar saya tidak pusing ataupun menyimpan panitia untuk menunjukan jalan,” terang Nauval.

Baca juga:  Masa Kontrak Pengadaan Almamater Berakhir 10 November

Diakhir wawancara, mahasiwa Manajemen ini menilai pelayanan pemberkasan cukup cepat. ”Pelayan pemberkasan sih lumayan cukup cepat jadi saya tidak terlalu banyak menunggu,” pungkasnya saat diwawancara di Gedung Abdjan Soelaiman, Selasa (8/8/2017).

Susunan penyerahan berkas antara lain:

  1. Identitas mahasiswa;
  2. Surat pernyataan;
  3. Surat keterangan sehat dan tes urine;
  4. Surat keterangan lulus masuk uin;
  5. Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah/kepolisian;
  6. Ijazah/SKHUN SMAN/SMUS; dan
  7. Surat perjanjian kontrak belajar.

Catatan : berkas diatas difoto copy menjadi tiga rangkap dan disertakan juga aslinya.

 

Reporter : Septian Setiawan

Redaktur : Dadan M. Ridwan

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas