Terkini

Jokowi Minta Pramuka Disiplin Menggunakan Medsos

Dok. Suaka

SUAKAONLINE.COM – Pada peringatan hari pramuka 2017, Presiden Joko Widodo meminta para anggota pramuka tidak hanya mempelajari tali temali, cara membangun tenda dan baris berbaris saja. Namun juga diajarkan berdisiplin menggunakan media sosial.

Menurutnya dengan kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat, gerakan pramuka harus dapat memanfaatkan kemajuan tersebut. “Gunakan media sosial untuk menyebarkan pesan-pesan gerakan pramuka, dan mengajak anak-anak yang lain untuk bergabung,” ujarnnya saat memberikan sambutan pada pembukaan Raimuna Nasional 2017, di Bumi perkemahan Cibubur, Senin (12/8/2017).

Saat ini anggota pramuka berasal dari generasi milenial yang adaptif dan kreatif, sehingga gerakan pramuka harus memiliki trobosan agar mampu menarik anak-anak muda untuk mau bergabung. “Semoga tahun ini menjadi momentum gerakan pramuka untuk kembali kepada semangat anak muda,” tambahnya.

Menurut Ketua Ambalan Pramuka UIN SGD Bandung, Opik Taufik, pramuka merupakan proses pendidikan karakter, maka dalam pramuka secara tidak langsung membentuk karakter yang tertuang dalam Trisatya  dan Dasa Dharma Pramuka. Sehingga otomatis menjadikan seorang pramuka akan menggunakan media sosial secara positif, bukan untuk untuk mencela, mengumpat, merendahkan orang lain, menebar kebencian, dan ungkapan-ungkapan yang tidak produktkif.

Ada tiga tahapan pendidikan dalam pramuka UIN SGD Bandung. Pertama, Pendidikan Masa Tamu, yaitu masa penganalan kepramukaan. Kedua, Pendidikan Dasar Ambalan Racana, pada masa ini dikenakan bagaimana mengelola keorganisasian dan penerapan karakter kepramukaan. Ketiga, Kalap Kader Lapangan, merupakan pendidikan khusus untuk menyiapkan kader penerus pramuka.

Selain itu, Pramuka UIN SGD Bandung memiliki bidang yang konsen dalam pendidikan pengunaan media, yaitu bidang Pubinfo (Publikasi dan Informasi) dan Pers Pramuka. “Disana kita rutin mengadakan diskusi dan sharing perihal media sosial,” ujar Opik yang sekaligus mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Semester 5, Selasa (15/8/2017).

Baca juga:  Menakar Arah Gerak Organ Ekstra di UIN Bandung

Dengan adanya media sosial, Opik merasa sangat terbantu untuk mengenalkan Pramuka kepada khalayak luas. Sehingga eksistensi Pramuka UIN SGD Bandung dapat dirasakan oleh gerakan pramuka diseluruh tahan air. “Apalagi tahun ini sedang banyak event kepramukaan,” pungkasnya.

 

Reporter : Dadan M. Ridwan

Redaktur : Hasna Salma

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas