Kampusiana

Ilham Habibie : Inovasi Menjadi Hal Terpenting

Ilham Akbar Habibie menjadi Pemateri dalam Seminar Sains Himpunan Mahasiswa Sains Fisika di Aula Anwar Musaddad, Jumat (6/10/217). Seminar tersebut menjadi puncak dari rangkain acara Physic Fair yang diselenggarakan HIMASAIFI. (Muhamad Emiriza/ Suaka)

 

SUAKAONLINE.COM – Himpunan Mahasiswa Sains Fisika (HIMASAIFI) UIN SGD Bandung menggelar Seminar Sains dengan menghadirkan Kepala LAPAN Indonesia, Thomas Djamaludin dan Pakar Dirgantara Indonesia, Ilham Akbar Habibie, Jumat (6/10/2017). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Anwar Musaddad tersebut merupakan puncak dari rangkaian acara Physic Fair yang diselenggarakan HIMASAIFI.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Opik Taufik pun mengapresiasi acara ini dan membukanya dengan berharap mahasiswa dapat menyerap ilmu yang disampaikan saat seminar. “Seminar ini sangat pas karena mendatangkan dua ilmuwan muslim, saya harap mahasiswa dapat menyerap ilmu dari acara ini dan menerapkannya,” ujarnya.

Acara yang mengusung tema ‘Explore the World within Integration of Science in Quran’ tersebut menjadi topik utama dalam acara seminar ini. Ketua LAPAN, Thomas Djamaludin, menjelaskan tentang terbentuknya alam semesta dan penjelasan dari tingkatan tujuh langit. Sedangkan Ilham Akbar Habibie, menjelaskan tentang menciptakan sumber daya manusia yang menguasai informasi dan teknologi.

Menurut Thomas, banyak sekali kajian sains tentang astronomi yang berhubungan dengan al Quran, salah satunya  terbentuknya alam semesta dan tingkatan tujuh langit. “Pembentukan alam semesta bisa dijelaskan secara ilmiah tetapi itu semua juga sudah ada dalam surat al Anbiya ayat 30. Sedangkan untuk makna tujuh langit bertingkat itu dalam al Quran disebut sabah samawat dan ada dalam surat Al luqman ayat 27,” jelasnya.

Sedangkan Ilham Habibie yang merupakan putra B.J Habibie menjelaskan bahwa ada tiga elemen penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang menguasai informasi dan teknologi. “Inovasi, percobaan di lapangan dan siap dengan resiko,” ujar pria berkepala pelontos itu.

Baca juga:  Bawaslu Ajak Mahasiswa Sukseskan Pemilu

Ilham Habibie menjelaskan ketiga aspek tersebut, menurutnya Inovasi menjadi hal terpenting karena dengan inovasi dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat dan dapat digunakan dalam keseharian secara berkelanjutan. Untuk membuktikan inovasi tersebut diperlukan percobaan di lapangan agar tahu perkembangannya. Siap dengan resiko juga tidak kalah penting jika gagal dalam merencanakan sesuatu.

Materi dari Ilham Habibie menjadi penutup acara, ia juga memberikan apresiasi terhadap mahasiswa yang ingin belajar dan peka terhadap sains di Indonesia terlebih ia senang apabila sains selalu dikaitkan dengan al Quran. Diakhir materinya Ilham memberikan informasi tentang project pesawat R80 yang sudah masuk tahap desain awal dan diperkirakan akan rampung dan dipasarkan secara massal pada tahun 2024.

 

Reporter : Muhamad Emiriza

Redaktur : Dadan M. Ridwan

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas