Infografis

91% Peserta Wisuda Ke-68 UIN Bandung Di Kampus II Kecewa

 

SUAKAONLINE.COM – Infografis, UIN SGD Bandung lepas 2806 lulusannya di perhelatan wisuda ke-68, Minggu (17/9/2017). Acara sakral yang digelar outdoor di selasar Kampus II UIN SGD Bandung tersebut menuai banyak problematika. Bahkan gladi resik yang diagendakan, Sabtu (16/9/2017) pun berujung ricuh hingga sempat diwarnai dengan benturan fisik yang terjadi antara mahasiswa dengan office boy.

Keluhan muncul dari berbagai sisi, mulai dari tempat wisuda yang hanya terbuat dari tenda hingga biaya wisuda yang diminta. Banyak wisudawan yang mengeluhkan kondisi tempat diselenggarakannya wisuda. Seperti yang diketahui, ini merupakan kali pertama UIN SGD Bandung menggelar acara wisuda di Kampus II.

91 persen responden riset Suaka menyatakan ketidakpuasanya terhadap tempat wisuda yang dipilih pihak kampus. Selain itu, lingkungan Kampus II yang panas dan gersang membuat prosesi wisuda tidak kondusif. Terlihat dari banyaknya peserta wisuda yang langsung meninggalkan bangkunya setelah penyematan anting-anting meskipun acara belum selesai.

Penggunaan biaya wisuda sebesar 400 ribu juga tidak disosialisasikan dengan baik. Sebanyak 86% responden bahkan mengaku tidak tahu detail penggunaan biaya tersebut karena tidak adanya penjelasan dari pihak kampus.

Kemudian 76% reponden mengungkapkan jika biaya tersebut tidak sepadan dengan fasilitas yang mereka terima. Sedangkan 24% sisanya merasa sudah dan cukup sepadan biaya yang dikeluarkan dengan apa yang diterima, melihat biaya tersebut tergolong murah jika dibandingkan dengan biaya wisuda kampus lain.

Pada periode wisuda ke-68 ini, UIN SGB Bandung cetak 2608 sarjana dimana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menjadi fakultas penyumbang peserta terbanyak yaitu 562 orang. Fakultas Ushuluddin meluluskan 213 sarjana, Syariah dan Hukum 383 sarjana, Dakwah dan Komunikasi 361, Adab dan Humaniora 336 sarjana, Psikologi 48 sarjana, Sains dan Teknologi 226 sarjana, dan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 292 sarjana. Selain itu UIN SGD Bandung juga melepas 198 wisudawan wisudawati jenjang pascasarjana.

Baca juga:  Rusunawa Rancacili Masih dalam Proses

Keterangan : Riset Kepuasan Wisuda ini dilakukan pada Minggu (17/9/2017) menggunakan Metode Slovin kepada 96 responden dari jumlah populasi sebanyak 2806 wisudawan/wisudawati UIN SGD Bandung dengan toleransi kesalahan sebesar 10%.

 

Peneliti : Tim Litbang

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas