Kampusiana

LPM Suaka Gelar Hari Jadi Ke-31

Pemimpin Umum LPM Suaka, Isthiqonita memotong tumpeng sebagai tanda dibukanya perayaan milad Suaka ke 31, Sabtu, (28/10/2017) di Gedung Abjan Soelaiman. Pada usainya yang ke 31 Suaka mengususng tema Ciptaloka yang berarti mencitpakan kembali ke alam. (Rafi Fachmi/ Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Lembaga Pers Mahasiswa Suaka UIN SGD Bandung menggelar perayaan hari jadinya yang ke-31. Serangkaian kegiatan seperti diskusi publik, festival media pers mahasiswa se-Bandung raya, bazar, penampilan seni dan musik hadir di dalamnya. Dalam perayaan tahun ini, LPM Suaka mengusung tema Ciptaloka yang berarti mencitpakan kembali ke alam. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, (28/10) di Aula Abdjan Soelaeman UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dalam diskusi publik, LPM Suaka menghadirkan penulis sekaligus sastrawan Candra Malik, lalu Ketua Walhi Jabar yakni Dadan Ramdhan dan delegasi Agrarian Resources Center asal Australia, Lian Sinclair dengan tema diskusi “Pengembangan Lingkungan Demi Daya Saing yang Berkesinambungan”. Sedangkan untuk festival media, LPM Suaka mengundang sejumlah pers mahasiswa yang tergabung ke dalam Forum Komunikasi Pers Mahasiswa.

Diantaranya Aksara Telkom, Jurnalpos UIN Bandung, Birama Unikom, Isola Pos UPI, Sentra Utama Widyatama, BPPM Pasundan, Suara Mahasiswa Unisba, Gema Suara Piksi Ganesha, Phams STFB, dan Momentum Unla. Adapun Lembaga Seni Lukis Kaligrafi (LSLK), Komunitas Photo’s Speak dan karya layout desain grafis Pikiran Rakyat, Fian Afandi turut memamerkan hasil karyanya.

Selain bazar, penampilan seni dan musik juga turut serta memeriahkan kegiatan tersebut seperti Yayan Katho, Bible, Penanam Benih, Teater Awal, Seni Tari Mahasiswa Jurnalistik (STMJ), Lampu Pecah (LP) Project, dan Jaringan Anak Sastra (JAS).

Isthiqonita selaku pemimpin umum LPM Suaka mengatakan tema lingkungan berawal dari pemikiran sederhana, dewasa ini masyarakat terlalu disibukan dengan masalah-masalah yang terus dibahas secara berkala seperti persoalan politik, ekonomi, pendidikan sedangkan untuk tema lingkungan yang sederhana dilupakan. “Hal ini sebagai pengingat bahwa ada alam yang sudah rusak dan kita harus memperhatikan. Oleh karena itu pada pembahasan diskusi kali ini, LPM Suaka menghadirkan narasumber yang ahli dibidang lingkungan,” terangnya.

Baca juga:  Rusunawa Rancacili Masih dalam Proses

Ketua Pelaksana Andis Andriyawan juga mengatakan tema tersebut diangkat sebagai wujud kegiatan yang edukatif kepada mahasiswa khususnya dan masyarakat pada umumnya. Mengenai lingkungan melalui kegiatan talkshow serta festival media. Serta memperkenalakan isu lingkungan kepada pelajar menengah atas melalui kegiatan perlombaan penulisan, fotografi dan desain tentang isu lingkungan.

Andis berharap dengan terlaksananya kegitan ini diharapkan kedepannya LPM Suaka tetap produktif dalam menjalankan prgram kerja khususnya kemediaan, pengembangan literasi, serta event-event yang bermanfaat khususnya bagi masyarakat UIN Bandung. “Perayaan ini didedikasikan tidak hanya untuk mahasiswa, tetapi juga masyarakat luar kampus,” tukasnya.

 

Reporter : Awallina Ilmiakhanza

Redaktur : Dadan M. Ridwan

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas