Politik dan Ekonomi

Bawaslu Ajak Mahasiswa Sukseskan Pemilu

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Haminus Koto sedang membuka acara Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Hotel Ibis, Kota Bandung, Jumat (15/12/2017). (Ismail Abdurrahman Azizi/ Suaka).

SUAKAONLINE.COM – Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Jawa Barat tahun 2018, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan acara Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan tema ‘Gerakan Relawan Sejuta Mahasiswa’ yang berlangsung di Hotel Ibis Trans Studio Bandung, Jumat (15/12/2017).

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Haminus Koto mengharapkan dengan diselenggarakannya acara Gerakan Relawan Sejuta Mahasiswa ini dapat meningkatkan tingkat partisipasi yang bersih, adil dan jujur. Selain itu sebagai langkah preventif untuk meminimalisir pelanggaran dalam Pemilihan Umum (Pemilu) baik tingkat kota ataupun provinsi. “Karena mahasiswa selain mengurus keorganisasian secara internal di kampus itu sendiri, mahasiswa harus mencoba paham akan keadaan lingkungan. Ini diharapkan menjadi titik awal yang baik,” ujarnya.

Harmoko juga menambahkan bahwa, Kampus itu sebagai penjaga moral dari berbagai hal. Hal ini juga yang menjadi penyebab Bawaslu mengajak mahasiswa menjadi relawan untuk mengawal pemilu, sebagai corong tegaknya demokrasi yang adil dan langkah preventif agar tidak terjadi politik transaksional dimulai dari tingkat kota hingga provinsi.

Sebanyak 405 orang dari berbagai kampus di Provinsi Jawa Barat turut hadir dalam acara yang diselenggarakan Bawaslu tersebut, yang nantinya akan diselenggarakan pula Deklarasi Mahasiswa Awasi Pemilu. “ini sebagai rangka mendorong partisipasi aktif dalam Pemilu di dalam kampus,” ujar Ketua Penyelenggara, Angga Nugraha.

Angga Nugraha juga mengharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini, nantinya mahasiswa bisa bekerjasama dengan Bawaslu. “Alasanya sederhana, karena mahasiswa itu tidak memiliki kepentingan apapun,” pungkasnya.

Baca juga:  Beberes Bandung Ajang Warga Bandung Kerja Bakti Akbar

 

Reporter : Ismail Abdurrahman Azizi

Redaktur : Hasna Salma

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas