Kampusiana

Maker Festival Jajakan Karya Teknologi Buatan Mahasiwa

Salah satu hasi karya teknologi ciptaan mahasiswa di Aula Abjan Soelaiman UIN SGD Bandung, Sabtu (24/2/2018). Karya teknologi buatan mahasiswa tersebut dijajakan kepada pengunjung dan tersaji di sebuah acara Maker Festival. (Muhamad Emiriza/ SUAKA)

SUAKAONLINE.COM – Komunitas Pecinta Robot (Kotaro) bekerja sama dengan Komunitas Robotika UIN SGD Bandung menggelar acara Maker Festival di Aula Abdjan Soelaiman, Sabtu (24/3). Acara tersebut menampilkan festival alat dan robot yang dibuat oleh mahasiswa ada juga lomba robot soccer dan merakit robot cepat untuk kalangan SD.

Pembina Kotaro, Mada Sanjaya menyampaikan bahwa tujuan diadakan nya acara tersebut untuk menumbuhkan inspirasi untuk anak anak SD sampai mahasiswa untuk lebih mencintai teknologi dan mampu berkreasi, lebih dari itu ia pun menambahkan untuk kedepannya kita bukan hanya menjadi konsumen melainkan bisa juga membuat teknologi.

Ia menambahkan bahwa Maker Festival tersebut menekankan kepada alat yang dibuat oleh mahasiswa dan di jajakan di stand, sebagai tambahanya di adakan kompetisi robot soccer dan merakit robot cepat untuk pelengkap acara Maker Festival tersebut.

Pria lulusan Institut Pertanian Bogor itu pun berharap acara tersebut menjadi acara tahunan dengan maker yang lebih banyak dan antusias dari pengunjung lebih banyak lagi. “ Dengan banyak nya maker dan pengunjung yang lebih banyak lagi, ini akan menjadi acara besar dan saya ingin pengunjung tidak hanya datang melihat dan menonton melainkan terinspirasi untuk membuat karya teknologi juga.”Jelasnya.

Sedangkan menurut orang tua siswa SD yang mengikuti lomba robot soccer, Nurul Fauziah mengatakan bahwa acara tersebut sangat bagus terutama bagi anak anak selain itu menurutnya kompetisi ini juga bisa melatih mental anak anak untuk memiliki jiwa kompetesi, dan menerima menang dan kalah. Ia juga mengapresiasi karya teknologi mahasiswa yang di jajakan di Stand.

Baca juga:  Tanggapi Video Pemukulan, Ratusan Ojol Sambangi Pangkalan Ojek Cipadung

“Acara Maker Festival ini sangat bagus yah, dari kompetisi robot soccer dan merakit robot cepat dapat mengasah bakat anak anak lebih dari itu mental anak anak juga terlatih dengan adanya kompetisi, sedangkan untuk Stand Expo nya sendiri saya sangat mengapresiasi, banyak alat dan robot buatan mahasiswa yang bagus dan mungkin bisa dipakai di kehidupan sehari hari.”Ujarnya

Acara Maker Festival tersebut menjajakan lebih dari 40 alat dan robot karya mahasiswa, selain mahasiwa dari UIN SGD Bandung, mahasiswa Universitas Majalengka dan Sekolah Tinggi Teknologi Wastukencana Purwakarta pun ikut hadir dan menjajakan hasil karya teknologi mereka.

Salah satu peserta Maker Festival asal UIN SGD Bandung, Medelia Syafila menyatakan bahwa acara tersebut bisa mengembangkan ide kreatif untuk berinovasi membuat sebuah karya nyata yang bermanfaat, ia pun berharap tahun depan acara ini bisa hadir kembali, dan ia beserta teman teman lainnya bisa membuat karya yang lebih hebat lagi.

 

Reporter : Muhamad Emiriza

Redaktur : Elsa Yulandri

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas