Kampusiana

Riungan Suanten Jurnalistik (RSJ), Juarai UIN Choral Festival

Dok. Pribadi

SUAKAONLINE.COM- Paduan suara Jurusan Jurnalistik, Riungan Suanten Jurnalistik (RSJ) kembali meraih juara pertama dalam lomba paduan suara tingkat mahasiswa UIN Choral Festival yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa (PSM). Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Student Center, UIN SGD Bandung, Jumat (4/5/2018).

Ketua Geng Riungan Suara Jurnalistik (RSJ), Albath Gala Putra mengaku bangga kepada timnya. Karena kajuaraan ini merupakan juara pertama kedua kalinya dalam perlombaan yang di adakan oleh PSM UIN Bandung. “Perasaanya seneng banget bisa mempertahankan juara kesatu lagi dari tahun kemarin,“ujarnya.

Persiapan khusus dalam perlombaan ini hanya menekankan pada lagu pilihannya saja.  Karenanya, untuk lagu wajib sudah terasah dengan setiap penampilan menggunakan lagu yang sama.

“Untuk latihannya sendiri hanya mempersiapkan satu bulan saja. Dalam satu bulan itu kan ada empat minggu, dua minggu pertama kita latihan empat hari dalam seminggu dan dua minggu selanjutya latihan tiap hari,”paparnya.

Kemudian Ia mengharapkan, untuk ke depannya kejuaraan ini bisa terus bertahan, serta RSJ semakin maju dan mahasiswa jurnalistik semakin banyak berpartisipasi kepada jurusan. ”Kemenangan ini hanyalah tahap awal karena yang sebenarnya perkembangan RSJ jurnalistik itu saat  ada job tampil lagi,” ujar mahasiswa Jurusan Jurnalistik tersebut.

Sekretaris Pelaksana, Dini Zakiyah Zaen mengatakan awalnya acara ini merupakan rangkaian dari konser akbar PSM UIN SGD Bandung, tetapi untuk tahun ini  dibedakan menjadi punya nama sendiri yaitu UIN Choral Festival yang perlombaannya diikuti oleh umum.

“Acara lomba paduan suara tingkat mahasiswa ini sudah terlaksana dari tahun-tahun sebelumnya sebagai rangkaian dari gebyar seni PSM. Tetapi untuk tahun ini berubah kita ingin membrending acara ini bukan lagi bagian dari gebyar seni  PSM, dan targetnya memang ingin UIN lebih di kenal lagi,” jelasnya.

Baca juga:  Direnovasi, Aula Anwar Musaddad Tak Dipakai Selama Tiga Bulan

Perlombaan ini diikuti oleh enam peserta lomba dari berbagai jurusan dan universitas. Pasalnya, peserta lomba yang mendaftar adalah 15 peserta, tetapi pendaftar dari setiap jurusan mempertimbangkan kembali karena pesaing lomba banyak dari luar kampus UIN.

“Awalnya perlombaan ini ingin memperbanyak padus-padus dari UIN agar menambal padus-padus jadi tiap jurusan itu up lagi, tetapi padus dari tiap jurusan di UIN SGD Bandung kadang susah dalam mengumpulkan sumber daya manusianya serta banyak yang mentalnya ciut,” pungkas anggota PSM tersebut.

 

Reporter: Lu’lu Uswatun Hasanah/ Magang

Redaktur: Elsa Yulandri

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas