Infografis

Ujian Mandiri PMB UIN Bandung 2018

 

SUAKAONLINE.COM, Infografis – Sejak 4 Juni 2018, UIN SGD Bandung resmi membuka pendaftaran ujian mandiri bagi calon mahasiswa baru. Pendaftaran yang dibuka hingga tanggal 12 Juli 2018 ini hanya bisa dilakukan secara online dengan mengakses situs resmi PMB www.pmb.uinsgd.ac.id.

Sama seperti tahun sebelumnya, ujian mandiri kali ini hanya akan dilaksanakan satu kali tanpa ada gelombang kedua. Namun, di tahun ini seluruh prodi di UIN SGD Bandung tersedia bagi pendaftar ujian mandiri termasuk prodi baru yaitu Ilmu Politik.

Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) mandiri ada dua jalur yang bisa dipilih. Pertama melalui jalur tes Computer Based Test (CBT) yaitu melakukan tes dengan mengisi soal di komputer, dan yang kedua dengan jalur tahfidz & prestasi. Sistem pendaftaran kedua jalur tersebut sama, melalui situs resmi pmb kemudian melakukan langkah demi langkah yang diintruksikan.

Terdapat persyaratan khusus bagi pendaftar tahfidz dan prestasi. Untuk calon mahasiswa baru yang mendaftar lewat jalur tahfidz harus memiliki hafalan al-Qur’an minimal 5 juz yang disertai dengan sertifikat. Sedangkan bagi calon mahasiswa yang berniat lewat jalur prestasi, setidaknya harus memiliki prestasi di bidang seni, olahraga atau lainnya minimal di tingkat kota/kabupaten.

Pendaftaran Ujian Mandiri tahun ini dikenakan biaya sebesar Rp 250.000. Pembayaran dapat dilakukan melalui BRI Syariah dan Bank BTN yang sebelumnya sudah melakukan pradaftar di situs pmb dan setelah mendapatkan kode pembayaran yang dikirim ke e-mail. Jika sudah melakukan pembayaran, pendaftar dapat log in menggunakan username dan password yang dikirim melalui e-mail lalu melengkapi biodata dan mencetak kartu ujian.

Kuota yang diterima dari jalur ujian mandiri ini sekitar 1400 orang. Bagi setiap pendaftar harus melengkapi beberapa persyaratan terlebih dahulu seperti memiliki ijazah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah. Bagi calon peserta lulusan paket C, harus menyerahkan rapor selama tiga tahun terakhir saat ujian, serta untuk lulusan tahun 2018, sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi pas foto dan cap sekolah.

Baca juga:  Belajar Politik Sehat dan Menyehatkan

Jalur mandiri ini merupakan jalur terakhir yang dibuka untuk penerimaan mahasiswa baru dan sebelumnya UIN SGD Bandung sudah membuka beberapa jalur penerimaan calon mahasiswa baru seperti jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, dan UM-PTKIN.

 

Peneliti  : Ahmad Fauzi, Nurul Fajri

Sumber  : Bagian Akademik UIN SGD Bandung

1 Comment

1 Comment

  1. Rinrin riantini

    28 Juli 2018 at 21:31

    Assalamualaikum… Maaf saya kemarin saudara saya masuk jalur pmb mandiri,sudah masuk persyaratan tetapi biaya adm nya belum masuk (telat),apakah sekarang masih bisa menyusul untuk biaya adm nya???terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas