Kampusiana

PMB Mandiri Prestasi UIN Bandung Libatkan 17 Cabang Olahraga

Peserta cabang olahraga bela diri tengah melaksanakan seleksi praktik PMB Mandiri Prestasi di Student Center Lt.4 UIN SGD Bandung, Kamis (19/7/18). Seleksi tersebut merupakan satu diantara tiga tahapan seleksi dalam penilaian jalur Mandiri Prestasi. (Dhea Amellia/SUAKA).

 

SUAKAONLINE.COM – UIN SGD Bandung buka jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Mandiri Prestasi Olahraga sebagai jalur akhir untuk bisa masuk ke kampus hijau tersebut. Seleksi PMB Mandiri Prestasi cabang olahraga bela diri, sepak bola, catur dan tennis meja dilaksanakan secara serentak Kamis (19/7/2018). Seleksi tersebut dilaksanakan di beragam titik  yaitu Lapangan LDDI Cinunuk, Gedung Al-Jamiah dan Student Center lantai empat UIN SGD Bandung.

Dilansir dari website pmb.uinsgd.ac.id PMB Mandiri Prestasi diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi di bidang seni dan olahraga minimal di tingkat Kabupaten/Kota.

Kepala Bagian Kemahasiswaan, Wawan Gunawan menuturkan, pada PMB Mandiri Prestasi 2018 ini sebanyak 17 cabang olah raga diikutsertakan dalam seleksi. Cabang olahraga tersebut diantaranya futsal, bola voli, bulu tangkis, sepak bola, catur dan bela diri.

“Ada 17 cabor yang ikut seleksi, kemarin bola voli, fulsal sama bulu tangkis. Hari ini sepak bola di LDDI, catur 4 orang di ruang kemahasiswaan sama tennis meja 2 orang di lantai 6 Al- Jamiah,” tuturnya saat ditemui di Lapangan LDDI Cinunuk, Kamis (19/7/18).

Dalam jalur mandiri prestasi terdapat tiga tahapan seleksi yaitu administrasi, pengetahuan agama dan praktik. Wawan menambahkan, disetiap tahapan seleksi harus saling mendukung sama lain. Hal ini dikarenakan bobot penilaian memiliki persentase 20 persen administrasi, 20 persen pengetahuan agama dan 60 persen  praktik.

Sementara itu, terkait kuota yang akan diterima melalui jalur Mandiri Prestasi, Wawan belum dapat menjawab pasti dengan angka. Hal ini karena bagian kemahasiswaan hanya berperan sebagai fasilitator dan pelaksana seleksi, selebihnya bergantung kepada pimpinan. “Belum, masalah  yang diterima itu bagaimana pimpinan. Kita bagian kemahasiswaan hanya sebagai pelaksana seleksi dan fasilitator PMB Mandiri Prestasi,” tegasnya.

Baca juga:  Zen RS: Simulakra Sepakbola

 

Salah satu peserta cabang olahraga bela diri pencak silat, Sofia mengungkapkan, sebelum mengikuti seleksi setiap peserta harus melakukan pendaftaran secara online dan membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu.

“Awalnya daftar online ngunggah sertifikat atau piagam penghargaan, ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) sama kartu identitas terus bayar pendaftaran 250 ribu, nanti dapat kartu peserta ujian,” ungkap Sofia saat ditemui di Student Center Lt.4 UIN SGD Bandung, Kamis (19/7/18).

Lanjut Sofia, dalam tahapan administrasi yang diperiksa adalah ijazah atau SKL, sertifikat atau piagam penghargaan asli, kartu peserta ujian serta kartu identitas. Tahapan kedua, pengetahuan agama yang diujikan adalah membaca Al-Quran, membaca surat-surat pendek, pengetahuan dasar agama dan praktik shalat. Sementara, tahapan terakhir yaitu praktik cabang olahraga yang dipilih.

Diakhir pembicaraannya, peserta asal Cikarang tersebut berharap semoga dirinya bisa lolos dalam seleksi PMB Mandiri Prestasi ini. Selain itu, dirinya pun berharap agar prestasi cabang olah raga yang digelutinya dapat meningkat dari sebelumnya.

 

Reporter : Dhea Amellia dan Rafi Fachmi

Redaktur: Elsa Yulandri

1 Comment

1 Comment

  1. Bintang

    28 Juli 2018 at 17:37

    Pihak kampus terkesan main2 pada proses plaksanaannya karena ada fakta yang menggelitik wawasan dan SOP yaitu: 1) cabor yang di ikut sertakan. 2) wawasan ilmu keolahragaan. 3) sistem yang jauh dikatakan layak untuk penerimaan mahasiswa jalur prestasi non akademik khususnya olahraga beladiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas