Kampusiana

UKM Taekwondo Gelar Turnamen UIN Championship

Dua Peserta Taekwondo sedang bertanding dalam gelaran turnamen UIN CHAMPIONSHIP yang diselenggarakan di gedung Anwar Musadad, Jumat-Minggu (27-29/7/2018). Acara ini mengusung tema “Be The Best Winner” yang diikuti oleh lima provinsi di pulau jawa, diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Banten. (Ahmad Fauzi/ SUAKA)

SUAKAONLINE.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar turnamen UIN CHAMPIONSHIP cabang olahrahga seni beladiri Taekwondo yang diselenggarakan di gedung Anwar Musaddad, Jumat (27/7/2018). Acara ini mengusung tema “Be The Best Winner” yang diikuti oleh 79 unit dari lima provinsi di pulau Jawa, diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Banten.

Ketua pelaksana Turnamen UIN Championship, Iqbal Awaludin mengatakan bahwa pihak panitia turnamen mempersiapkan acara ini secara matang, terutama dari perizinan, bahwa acara ini sudah mengantongi izin dari pengurus cabang kota Bandung, Pemerintah Provinsi Jawa barat, Koni, Dispora dan Kemenpora untuk penandatanganan Sertifikat.

Acara turnamen UIN Championship kali ini merupakan yang kedua kalinya, sebelumnya pihak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo sudah pernah menyelenggarakan turnamen yang serupa, akan tetapi pada turnamen kali ini diikuti oleh lima provinsi setelah turnamen sebelumnya hanya diselenggarakan untuk daerah Jawa Barat saja.

Selain acara Turnamen bela diri pada UIN Championship, terdapat juga bazar yang dipersiapkan oleh pihak panitia untuk menunjang kebutuhan para Atlet, adapun yang disajikan dalam bazar tersebut yaitu makanan dan pernak-pernik seputar ilmu beladiri Taekwondo.

Dalam turnamen ini diikuti setidaknya 1.609 peserta, jumlah ini melebihi target yang ingin dicapai yaitu sebesar 1.200 peserta. adapun jenis lomba yang diikutkan yaitu Poomsae, mulai dari Super Kadet, Kadet, Junior, dan juga Senior. Selain itu terdapat kategori lomba Kyorugi terdiri dari pemula dan prestasi, dimana prestasi berada di lapangan A dan Pemula berada di Lapangan B. Untuk teknis penilaian kategori Kyorugi terdapat dua penilaian, yaitu dari tubuh dan juga kepala, dimana untuk tubuh mendapatkan poin dua sedangkan mengenai kepala poin yang didapat yaitu empat.

Baca juga:  Belajar Politik Sehat dan Menyehatkan

Iqbal Awaludin berharap untuk turnamen kejuaraan selanjutnya mampu lebih baik dari apa yang terjadi saat ini, ia juga  berharap semoga di turnamen yang akan datang, UKM Taekwondo UIN Sunan Gunung Djati Bandung mampu  menyelenggarakan turnamen setingkat nasional.

“Mudah mudahan kejuaraan yang akan datang bisa lebih baik lagi dari kejuaraan sekarang, terus skalanya bisa bertambah lebih besar, dari awal pertama itu jawa barat, terus nambah ke lima provinsi, mudah mudahan tahun depan itu bisa ke nasional,” pungkasnya.

 

Reporter : Ahmad Fauzi

Redaktur : Muhamad Emiriza

Ke Atas