Kampusiana

UM UIN Bandung 2018 Akan Terima 1400 Mahasiswa Baru

Dok, Suaka

SUAKAONLINE.COM – UIN SGD Bandung akan terima 1400 mahasiswa baru dari Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Ujian Mandiri (UM).  Tahun ini seluruh prodi menerima kuota untuk jalur UM termasuk prodi baru yang terletak di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yaitu jurusan Ilmu Politik.

Sama seperti tahun sebelumnya UM kali ini juga dilaksanakan hanya satu gelombang saja. Ujian yang diselenggarakan sejak tanggal 18-28 Juli 2018 tersebut bertempat di Lecture Hall. Bertotal 12.015 pendaftar baik peserta CBT.  Untuk peserta Computer Based Test (CBT) dibagi ke dalam empat sesi perharinya .

Kepala Bagian Akademik UIN SGD Bandung, Dina Mulyati menjelaskan bahwa ada beberapa mata pelajaran yang diujikan yaitu TKD, bahasa dan pengetahuan sesuai dengan jurusan yang dituju seperti Sosial dan humaniora (Soshum) atau Sains dan teknologi (Saintek).

“Pelajarannya bahasa sama pengetahuan, kayak TKD gitu, soalnya nanti ada seratus soal, di dalamnya ada bahasa, TKD, sama pengetahuan. Kita ngasih waktu 2 jam sama pemberitahuan paling mereka punya waktu ngisi satu setengah jam cukup untuk ngisi 100 soal,” ujar Dina saat ditemui di kantornya, Senin (4/6/2018).

Pengumuman kelulusan UM dapat dilihat di situs resmi pmb.uinsgd.ac.id, dengan log in menggunakan akun yang telah terdaftar mulai tanggal 4 Agustus 2018. Kemudian peserta yang lulus seleksi dapat melengkapi biodata hingga tanggal 6 Agustus 2018.

Lalu melakukan penetapan UKT secara online pada tanggal 9 Agustus dan melaksanakan pembayaran dengan tepat waktu pada tanggal 13 hingga 15 Agustus 2018. Calon mahasiswa yang telah melaksanakan seluruh prosedur wajib melakukan pemberkasan pada waktu yang akan ditetapkan oleh fakultas masing-masing.

Salah satu peserta UM, Nidia Azzahra mengaku cukup paham dengan intruksi dan penjelasan yang telah disampaikan oleh petugas dan tidak kesulitan saat menjalankan ujian CBT. “Susah sih engga,  masih standar mungkin, tapi penggunaan bahasanya harus lebih dicerna. Alhamdulillah lancar. Ujian berjalan lancar dan kondusif, engga ada  kesalahan teknis atau apapun,” tutur peserta asal Sukabumi tersebut seusai melaksanakan tes (18/7/2018).

Baca juga:  Zen RS: Simulakra Sepakbola

Nidia juga  berharap agar UIN SGD Bandung semakin lebih baik dan mencetak lebih banyak generasi yang unggul serta agar seluruh calon mahasiswa terus berjuang untuk masa depan yang lebih baik.

Reporter: Nurul Fajri

Redaktur: Elsa Yulandri

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas