Lingkungan dan Kesehatan

Beberes Bandung Ajang Warga Bandung Kerja Bakti Akbar

Warga tengah mebersihkan trotoar dalam kegiatan ‘Beberes Bandung’ di sepanjang Jalan Asia Afrika, Minggu (12/8/2018). Warga berharap kegiatan ‘Beberes Bandung’ menjadi rutinitas warga Bandung. Dhea Amellia/ Suaka

 

SUAKAONLINE.COM — Ribuan warga Bandung kompak bekerja bakti membersihkan Bandung di sepanjang Jalan Asia Afrika, Minggu (12/8/2018). Kegiatan bertajuk ‘Beberes Bandung’ ini dilaksanakan di berbagai titik yang ada di Kota Bandung selama dua hari yaitu 11-12 Agustus 2018 dan dipusatkan di kawasan Jalan Asia Afrika.

Gubernur Jawa Barat terpilih, Ridwan Kamil mengungkapkan, sekitar 13 ribu relawan dari beragam komunitas dan instansi ikut terlibat dalam kerja bakti akbar ini. “Sebanyak 30 kecamatan 121 kelurahan dan sekitar 13 ribu relawan ikut serta membersihkan Bandung,” ungkapnya saat ditemui di Jalan Soekarno, Minggu (12/8).

Berbekal senjata seperti sapu, sikat, pengki, ember hingga pewangi, warga Bandung kompak beberes mulai dari menyapu lantai jalan hingga mengepel trotoar. Tak hanya itu warga pun turut membersihkan saluran yang tersumbat dan aliran sungai.

Emil pun menuturkan, ‘Beberes Bandung’ ini dilaksanakan dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan, Asian Games 2018 serta hari jadi Kota Bandung. “Beberes Bandung ini tradisi gotong royong se-Kota Bandung. Dulu momentumnya Asia Afrika, sekarang mah Agustus-an dan Asian Games juga ulang tahun Kota Bandung,” imbuhnya.

Lanjutnya, ada dua cara merawat dan mencintai Kota Bandung. Pertama, dengan tidak menjadi masalah di Kota Bandung. Kedua, ketika Bandung dalam keadaan kotor dan banyak sampah tanpa harus disuruh warga langsung turun tangan. ‘Beberes Bandung’ ini merupakan salah satu dari dua cara untuk mencintai dan merawat Kota Bandung tersebut.

Emil, sapaan akrabnya, berharap ‘Beberes Bandung’ ini tidak hanya dilaksanakan saat momen tertentu saja, namun juga menjadi tradisi masyarakat dalam mencintai Kota Bandung. “Mudah-mudahan, ini bisa jadi tradisi warga Bandung dalam mencintai kotanya dengan ikut menjaga, minimal setahun sekali membereskan dan merapikan kotanya,” pungkasya.

Baca juga:  Pertukaran Pelajar UIN Bandung - UM Malaysia

Selain itu, guna menambah antusias warga terhadap kegiatan, setelah kegiatan ‘Beberes Bandung’ selesai dilaksanakan seluruh warga ikut botram atau makan bersama di Pendopo Kota Bandung. Pun juga Pemerintah Kota Bandung selaku penyelenggara kegiatan mengadakan lomba foto di media sosial selama kegiatan berlangsung dengan total hadiah 20 juta rupiah.

Sementara itu salah satu peserta kegiatan, Erlangga menilai, dengan adanya Beberes Bandung ini tidak hanya membuat Kota Bandung lebih bersih namun juga mampu menambah relasi dan pengalaman. “Jadi Beberes Bandung ini nggak cuman buat Bandungnya bersih, tapi bikin kita jadi nambah relasi dan pengalaman juga karena kan satu kelompok itu beda-beda komunitas,” katanya.

Dirinya pun berharap, kegiatan ‘Beberes Bandung’ ini tidak hanya dilaksanakan satu kali saat hari tertentu saja. Namun bisa dilaksanakan secara rutin oleh masyarakat minimal di lingkungan rumah, sekolah dan instansi agar kebersihan Kota Bandung tetap terjaga.

 

Reporter  : Dhea Amellia

Redaktur : Muhammad Iqbal

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas