Infografis

Kenaikan UKT UIN Bandung Tiga Tahun Terakhir

SUAKAONLINE.COM, Infografis – Sejak tahun 2016, UIN sunan Gunung Djati Bandung telah mengeluarkan SK penerapan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) seiring dengan ditetapkannya Keputusan Kementrian Agama RI No. 289 tahun 2016 tentang UKT pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Setiap tahunnya, nominal UKT pada masing-masing kategori selalu naik drastis dan menimbulkan penolakan dari mahasiswa. Penolakan ini didasarkan pada ketidaksesuaian pengkategorian nominal UKT yang seharusnya dilihat dari besar pendapatan orang tua dan jumlah tanggungan serta tidak adanya transparansi dari pihak kampus mengenai penggunaan UKT tersebut.

 

 

Tahun 2018 ini, nominal UKT kembali naik drastis. Meskipun persentase kenaikan dari masing-masing kategori tidak sesignifikan tahun 2017 lalu, akan tetapi UKT tahun ini adalah paling tinggi besarannya. Semua jurusan mengalami kenaikan nominal UKT tanpa terkecuali, akibatnya hal ini menuai protes dan penolakan kembali dari mahasiswa yang ditandai dengan adanya aksi seperti yang terjadi Mei lalu di depan rektorat. Selain kenaikan nominal, pengategorian UKT pun bertambah dua kategori sehingga total kategori yang ada saat ini menjadi VII kategori.

Penambahan dua kategori baru dan kenaikan nominal UKT ini menunjukan bahwa penetapan UKT tahun ini merujuk pada Perguruan Tinggi Negeri lainnya di Indonesia.

Dalam hal ini, fakultas yang UKT-nya kian melejit dari tiga tahun terakhir adalah Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Psikologi. Jurusan-jurusan di dua fakultas umum tersebut memiliki kisaran UKT tertinggi hampir enam juta lebih per semester. Tentu saja ini memunculkan keluhan dari mahasiswa baru angkatan 2018.

Sementara itu, UKT tertinggi berada di Fakultas Sains dan Teknologi Jurusan Teknik Informatika dan Teknik Elektro yaitu 6.183.000 rupiah untuk kategori VII-nya.

Baca juga:  Suddenly Last Summer, Sebuah Pentas Kejiwaan

Tingkat kenaikan tertinggi tahun ini terjadi pada Jurusan Psikologi untuk kategori II dan III. Sedangkan pada kategori IV dan V, kenaikan tertinggi terjadi di Jurusan Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Hal ini jelas berbeda dengan tahun lalu, di mana Fakultas Sains dan Teknologi yang mengalami peningkatan secara drastis hingga berkisar 45-100% semua kategori.

 

Peneliti  : Tasya Augustya
Desain    : Shania Anwar
Sumber  : Aljamiah UIN S

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas