Kampusiana

Mahasiswa Baru Ikuti Gelaran PBAK 2018

Penyematan secara simbolis penerimaan mahasiswa baru oleh Rektor UIN SGD Bandung, Mahmud, pada pembukaan Pengenalan Budaya Akademik (PBAK) hari kedua di Aula Anwar Musaddad, Selasa (28/8/2018). PBAK hari kedua ini dihadiri oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Ushuludin. (Rizky Syahaqi/ SUAKA).

 

SUAKAONLINE.COM – Sidang senat terbuka hari ke-2 dalam rangkaian acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dilaksanakan di Aula Anwar Mussadad, Selasa (28/8/2018). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya pada PBAK tahun ini Sidang Senat Terbuka diadakan selama 2 hari yaitu Senin dan Selasa.

Pada hari pertama sidang dihadari oleh mahasiswa baru dari 3 fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah, Fakuktas Adab dan Homuniora serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sementara pada hari kedua sidang dihadiri oleh mahasiswa baru dari Fakultas Ushuluddin, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakuktas Syariah dan Hukum, Fakultas Psikologi serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Gelaran PBAK tahun ini mengusung tema “Internalisasi Nilai Nilai Semangat Juang  Mahasiswa Baru (Berani, Akademis, Kreatif dan Berakhlakul Karimah)  untuk Menganalisa Masa Lalu dan Merancang Masa Depan”.

Ketua Senat Universitas UIN SGD, Nanang Fatih dalam pembukaan mengungkapkan, agar mahasiswa baru patut bangga dapat diterima di kampus UIN SGD Bandung, karena hanya 6,7 persen mahasiswa yang berhasil lolos menjadi mahasiswa baru. “Adik adik semua patut berbangga dari 87 ribu pendaftar, sebanyak 5960 diterima menjadi mahasiswa baru,” ungkapnya, Selasa (28/8/18).

Ditambahkannya dengan visi univeristas yaitu Menjadi Universitas Islam Negeri yang unggul dan kompetitif berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah di ASEAN tahun 2025, mahasiswa baru pun patut bangga akan prestasi yang telah diraih oleh UIN SGD Bandung. Diantaranya masuk kedalam 7 universitas terbaik dengan posisi keempat versi Kementerian Agama (Kemenag) serta memiliki perpustakaan dengan akreditasi tertinggi yaitu terakreditasi A (Amat Baik).

Baca juga:  Musyawarah KPI UIN Bandung Bersama Askopis Jabar

Sama halnya dengan Nanang, Rektor UIN SGD, Mahmud menuturkan, dengan berabasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlakul karimah. Mahasiswa baru harus bersyukur dan bangga karena telah berhasil diterima di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

“Ada tiga cara wujud syukur dan bangga yang dapat dilakukan adik-adik. Pertama, mengucapkan hamdalah. Kedua, sujud syukur serta ketiga, menciptakan suri yang baik di kampus dengan tidak melakukan kegiatan yang bertentangan Al-Quran, As-Sunnah dan hukum pemerintah,” tuturnya.

Lanjut Mahmud, dirinya berharap semoga mahasiswa baru nanti dapat memberi manfaat dan sukses di dunia dan diakhirat. “Semoga apa yang dikerjakan memberi manfaat bagi negara dan bangsa serta adek adek tidak hanya sukses didunia tapi diakhirat juga.” pungkasnya.

 

Reporter : Dhea Amellia

Redaktur: Elsa Yulandri

 

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas