Kampusiana

Dalami Ilmu Kemediaan, Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung Kunjungi Net TV

Dok. Pribadi.

 

 

SUAKAONLINE.COM – Untuk mendalami ilmu tentang kemediaan, mahasiswa Jurnalistik UIN SGD Bandung melakukan kunjungan media ke PT. Net Mediatama Indonesia (Net TV), di The East Tower, Jalan Lingkar Mega Kuningan, DKI Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Public Relations Net TV, Danissa, mengatakan, pihak Net TV sangat menyambut baik kunjungan dari rekan mahasiswa. Ia menjelaskan, agenda kunjungan ini meliputi Sharing Session, berdiskusi tentang sejarah Net TV, berbagi pengetahuan tentang dunia broadcasting, sharing mengenai pola pekerja di Net TV, serta melihat-lihat kantor dan bagaimana proses produksi suatu program mulai dari proses kreatif, syuting, editing, hingga tayang.

“Harapannya semoga banyak ilmu yang diambil dari kunjungan hari ini, semoga mahasiswa-mahasiswa dapat mempelajari bahwa sudah ada gambaran awal tentang media televisi khususnya Net TV itu seperti apa. Semoga nantinya semakin banyak jurnalis Net TV yang berasal dari jurusan Jurnalistik UIN SGD Bandung,” ujarnya.

Koordinator Mahasiswa, Febrian Dwi Sanjaya, mengatakan, kunjungan ke Net TV dipilih karena tertarik untuk mempelajari manajemen media di Net TV. Karena saat ini, Net TV merupakan stasiun televisi yang digandrungi oleh generasi muda. Terlebih menurutnya, Net TV merupakan salah satu stasiun televsi yang mempunyai manajemen dan kualitas yang baik.

“Baik itu dari kualitas tayangannya yang bermutu dan dapat mendidik atau pun menjadi inspirasi bagi khalayak, hingga kualitas SDM yang dimiliki Net TV.  Hal itu dibuktikan dengan program-program acara Net TV selalu memiliki kesan dibanding stasiun televisi nasional lainnya,” ujarnya.

Tujuannya, sehubungan dengan kualitas tayangan yang bagus, serta diiringi Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Mereka mengaku ingin menggali ilmu sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan ilmu pertelevisian yang di padukan dengan ilmu manajeman medianya tersebut.

Baca juga:  Milad ke-30, LDM UIN SGD Bandung Gelar acara Muslim Festival

“Seperti proses pembuatan sebuah acara, proses menentukan siapakah guest star yg akan diundang disuatu acara, teknik produksi, teknik editing, teknik camera person, tim kreatif, periklanan, hingga Event Organizer-nya bagaimana sampai bisa sesekali mendatangkan artis populer dunia. Yang terpenting adalah ingin belajar dan mengetahui manajeman yang mengatur keseluruhannya seperti apa,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan mahasiswa lainnya, Ibrahim Lakoni, ia berharap, menambah wawasan bagi mereka sebagai mahasiswa yg berkunjung khususnya mengenai industri pertelevisian serta kelak pada saat berkerja di pertelevisian sudah tidak terlalu awam mengenai semua hal yang berada di media televisi.

“Harapannya agar bisa menambah motivasi untuk lebih memperdalam bagaimana seharusnya kita mempersiapkan diri sebelum benar-benar lulus dari perguruan tinggi, terlebih jika nantinya takdir memilih kita untuk jadi seorang jurnalis atau bagian dari pada media,” ujar mahasiswa Jurnalistik semester 5 ini.

 

Reporter: Harisul Amal

Redaktur: Elsa Yulandri

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas