Lintas Kampus

Banjir di Leles, Karmapack Gelar Bakti Sosial

Dok Pribadi.

SUAKAONLINE.COM – Bencana banjir di Kecamatan Leles Cianjur Selatan menggugah hati Keluarga Mahasiswa dan Pelajar Cianjur Kidul (Karmapack) untuk mengadakan kegiatan Penggalangan bantuan dan bakti sosial yang terkena musibah banjir. Penggalan bantuan sendiri dilaksanakan selama dua hari pada kamis dan Jumat (8-9) November sebelum disalurkan pada korban bencana pada sabtu-minggu (10-11) November 2018. Penggalangan dana ini merupakan kali ke dua yang diadakan oleh Karmapack.

Hujan deras selama berjamjam, mengakibatkan sungai Cisokan Kecamatan Leles Cianjur Selatan meluap dan merendam setidaknya 4 desa. Diantara lain, Kerta Mukti, Bojong Terong, Sindang Sari, dan Babancong pada selasa (6/11/2018).

Setelah menerima kabar, bahwa telah terjadi bencana Banjir di Kecamatan Leles Cianjur Selatan, Karmapak segera merumuskan penggalangan bantuan untuk korban bencana banjir. Penggalangan sendiri dilaksanakan melalui dua cara, online seperti membuat pamplet untuk berdonasi dan terjung langsung ke lapangan seperti membuka stand.

Ketua Pelaksana kegiatan, Agus Endang Maulana mengungkapkan hasil dari penggalangan dana selama dua hari tersebut berupa barang-barang, buku, dan uang tunai yang kemudian dibawa oleh 8 orang anggota Karmapack pada hari sabtu (10/11/2018) dan kemudian diserahkan pada hari minggu (11/11/2018) kepada korban bencana terparah, Karyamukti dan Pusakasari dengan dibantu pemerintah daerah . “Penggalangan dana sendiri sampai sekarang masih dibuka, hanya saja dalam bentu transfer saja, dan akan kami salurkan kepada korban bencana banjir sabtu nanti,” ujarnya, (14/11/2018)

Anggota Karmapack, Hikmat Saeful Basri mengatakan tidak mudah mengadakan bakti sosial ini, seperti waktu yang sempit selama penggalangan. Dan jalan lokasi yang cukup jauh untuk datang langsung ke lokasi kejadian. Meskipun banjir sudah surut, tetapi kondisi jalan yang sulit di tempuh dan cuaca yang tidak mendukung. Belum lagi jembatan yang menjadi akses utama roboh.

Baca juga:  Penolakan dan Penuntutan Lima Sema-F terkait Pemilihan Sema-U

Agus Endang sendiri mengatakan sampai sekarang penggalangan masih dibuka, akan tetapi hanya menerima melaui transfer yang akan di salurkan pada sabtu minggu ini dan akan disumbangkan pada titik lain korban bencana banjir. Selain itu, Karmapack juga akan mengadakan penyuluhan kepada anak-anak Sekolah Dasar korban bencana dengan tujuan mengembangkan mental, dan sosialiasi kepada masyarakat untuk memberi penangan pra dan pasca banjir.

“Semoga masyarakat di sana lebih siap dan sigap saat terjadi banjir. Dan lebih menamam banyak pohon. Untuk karmapack sendiri, semoga tetap berlanjut, dan tidak hanya berhenti di sini,” tutup Agus.

 

Reporter : Anggi Nindya Sari

Redaktur : Muhamad Emiriza

1 Comment

1 Comment

  1. Rustandi

    18 November 2018 at 18:33

    Mantap…………………….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas