Infografis

Jumlah Mahasiswa Asing di UIN Bandung

SUAKAONLINE.COM, Infografis — Banyak perguruan tinggi di Indonesia saat ini mulai dilirik mahasiswa asing untuk melanjutkan studi, salah satunya adalah UIN Bandung. Presensi UIN Bandung di tataran mancanegara, dibuktikan dengan keberadaan mahasiswa-mahasiswi dari luar negeri seperti dari Thailand, Malaysia dan Somalia yang mengisi kursi-kursi di UIN Bandung.

Perkembangan jumlah mahasiswa asing yang menempuh studi pada sebuah perguruan tinggi, merupakan salah satu aspek yang digunakan untuk mengukur kesiapan pendidikan. Bukan hanya itu, juga bagian dari barometer untuk melihat kemampuan sebuah perguruan tinggi dalam menyelenggarakan program pengajaran dengan kualitas bersaing. Hal tersebut sebagai tuntutan terhadap persaingan kualitas pendidikan tinggi dalam skala global.

Berdasarkan pada data yang berhasil diperoleh Suaka dari bagian kemahasiswaan Al-Jamiah UIN SGD Bandung, pada Selasa (30/10/2018), keseluruhan mahasiswa dari luar negeri yang kuliah di kampus hijau ini sekitar 177 orang, 101 orang diantaranya berasal dari Thailand, 68 orang dari Malaysia dan 2 orang dari Somalia.

Dalam hal ini, mahasiswa asing di UIN SGD Bandung didominasi oleh Thailand (177 mahasiswa) yang tersebar di berbagai jurusan. Salah satu mahasiswa asing asal Thailand, Fauzan Tohtayong menuturkan bahwa banyak dari alumni UIN Bandung yang menyebarkan informasi tentang kampusnya di Patani (Thailand bagian selatan).

Mengacu pada data tersebut, fakultas dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak adalah Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Terhitung ada 44 mahasiswa asing dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, yang terbagi ke beberapa jurusan. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) 13 mahasiswa, Jurusan Pengembangan Mahasiswa Islam (PMI) ada 9 mahasiswa dan yang paling banyak ada di Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) berjumlah 22 mahasiswa.

Adapun mahasiswa asing yang paling minim ada di Fakultas Sains dan Teknologi. Hanya terdapat 1 mahasiswa, Ishak Ahmed Hassan yang duduk di bangku kuliah Jurusan Teknik Elektro. Mereka semua tercatat sebagai mahasiswa aktif.

Baca juga:  FKHMEI Gelar Pengabdian Nasional Untuk Membangun Negeri

 

Peneliti : Fadhilah Rama
Sumber : Kemahasiswaan UIN SGD Bandung

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas