Kampusiana

UPTQ UIN Bandung Gelar Seruni 2018

Hadroh UPTQ menjadi salah satu penampil inagurasi persembahan UPTQ dalam acara Seruni (Semarak Qurani) di Aula Abdjan Soelaeman, Rabu (5/12/2018). (Lia Kamilah/Suaka)

 

SUAKAONLINE.COM –  Unit Pengembangan Tilawatil Quran (UPTQ) menggelar program tahunan bertema “Rahasia Al-Quran dalam Menjawab Permasalahan Umat”. Program bernama Seruni (Semarak Qurani) ini digelar di Aula Abdjan Soelaeman, Rabu (5/12/2018). Dengan menghadirkan pemateri Rektor IIQ Jakarta Periode 2004-2015 dan pakar dalam bidang qiraat dan ilmu-ilmu Al-Quran, KH. Ahsin Sakho Muhammad.

Selain seminar, banyak rangkaian  acara Seruni sebelum mencapai hari puncaknya. Adalah penggalangan dana dan konser amal yang digelar di Masjid Iqomah UIN SGD Bandung, dana akan dikumpulkan lalu diberikan kepada yayasan panti asuhan anak yatim piatu Ar-Rifki di Panyileukan. Di puncak acara, UPTQ menghadirkan pula Vokalis Hadroh, Muhasabah Qalbi, dan Munsyid, Agusti Dwi Ningtyas. Juga beberapa penampilan inagurasi UPTQ.

Ketua pelaksana, Rizki Abdul Sholeh menyampaikan bahwa alasan tema tersebut dipilih adalah karena umat Islam seluruh dunia khususnya Indonesia sedang mengalami banyak permasalahan. Diantara permasalahan tentang ekonomi, sosial, pendidikan dan politik. Namun ia menambahkan bahwa semua permasalahan tersebut sudah diberikan jawabannya oleh Allah SWT di Al-Quran.

“Semua masalah akan datang dengan jawabannya. Itu sudah janji Allah dalam Al-Quran, jadi tentang semua masalah yang kita hadapi itu sudah diatur semua jawabannya dalm Al-Quran. Tinggal kita cari dan pahami,” jelasnya Rabu, (5/12/2018).

Berangkat dari permasalahan tersebut, akhirnya UPTQ ingin membantu umat Islam menemukan jawaban-jawaban atas permasalahan tersebut di Al-Quran. Dengan mengkaji lalu memahami makna dan maksud dari setiap ayat lewat seminar yang mengundang pakar dalam bidang Al-Quran tersebut. Dan itu dirasakan manfaat oleh salah satu peserta seminar.

Baca juga:  Kunjungan Komisi VIII DPR RI ke UIN Bandung

Mahasiswi jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) semester tiga, Sintia Rahmadayanti mengikuti kegiatan Seruni ini setiap tahunnya. Banyak perbedaan yang baik dalam setiap tahunnya, menurutnya tema yang dibahas selalu sesuai dengan kondisi umat Islam saat ini. Ia juga mengaku senang karena banyak ilmu baru yang ia dapat.

Sintia mengetahui ilmu baru tentang Al-Quran lewat seminar tersebut. Ia sadar bahwa Al-Quran perlu dikaji lebih mendalam menggunakan teknologi seperti di era milenial sekarang. Ia juga berharap kedepannya bisa menerapkan itu dalam perkuliahannya yang berhubungan langsung dengan penafsiran Al-Quran.

“Harapan semoga dengan seruni ini kita sedikit besarnya dapat memberantas buta baca terhadap Al-Quran. Dan semoga dapat mengetahui jawaban atas permasalahan dalam Al-Quran di jaman sekarang.” pungkasnya.

 

Reporter : Lia Kamilah

Redaktur: Elsa Yulandri

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas