Kampusiana

Bukan Hanya Wacana, Namun Akan Menjadi Syarat Kelulusan

ILUSTRASI-JURNAL

Ilustrasi

SUAKAONLINE.COM –  Wacana surat edaran Dirjen Dikti (Pendidikan Tinggi) menyoal mahasiswa diwajibkan untuk membuat Jurnal Ilmiah yang dimuat di web online disambut positif oleh Civitas Akademika UIN SGD Bandung.

Yeni Andriyani, Mahasiswi Jurusan Agroteknologi, Fakultas Sains dan Teknologi mengatakan, dirinya setuju jika ada aturan seperti itu karna itu akan menjadi suatu kebanggan.

“Jurnal yang dimuat tersebut nantinya akan menjadi suatu kebanggaan bagi mahasiswa.”

Ketika Suaka menyinggung bahwa hal itu menjadi salah satu syarat kelulusan, mahasiswi semester VI tersebut menyatakan hal tersebut menjadi usaha yang baik bagi UIN demi mencetak mahasiswa yang unggul, namun perlu dipertimbangkan kembali.

“Kan, tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan yang sama.” pungkas Yeni saat ditemui di gedung perkuliahannya.

Sama halnya yang diungkapkan oleh Yeni Andriyani, Habuddin (26/02) selaku kepala Biro A2K (Akademik dan Kemahasiswaan), mengatakan pihaknya menyambut baik wacana tersebut sebagai antisipasi untuk menghindari plagiat dikalangan mahasiswa khususnya dalam pembuatan skripsi.

“Nanti karya mahasiswa akan diekspos di jurnal, jadi karya mahasiswa tersebut dapat dibaca  dan diketahui siapa pembuatnya.”

Sedangkan untuk pemberlakuan Habuddin belum bisa memastikan, pasalnya surat edaran yang diisukan belum diterima oleh pihak UIN. “Belum sampai kesana, selain perlengkapan administrasi yang belum ada, pembuatan media untuk jurnalpun memerlukan dana yang cukup besar, serta ruangan khusus untuk penyimpanan.

Reporter : Isti Qonita/ Magang

Redaktur : Wisma Putra

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas