Advertorial

Harmonisasikan Bahasa dan Budaya, HMJ BSA Gelar Gradasi 2019


Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Rohanda WS melakukan pemukulan gong dalam acara pembukaan Gelanggang Kreasi Dunia Arab Berprestasi di Aula Abjan Soelamen, Senin (25/2/2019). (Anisa Nurfaizah/Suaka)

SUAKAONLINE.COM– Suara gong menggema memenuhi Aula Abjan Soelaeman pada Senin (25/2/2019), yang menandakan resmi dibukanya acara Gelanggang Kreasi Dunia Arab Berprestasi (Gradasi) oleh Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Rohanda WS. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) ini merupakan ajang kompetisi tingkat nasional.

Mengusung tema Gelora Bahasa Dalam Harmoni Budaya, gelaran Gradasi ditutup pada Jumat (1/3/2019), di Kampus Dua UIN Bandung. Pemilihan tema tersebut bertujuan untuk mengharmonisasikan Bahasa dan Budaya karena pada zaman sekarang bahasa sedang bergejolak sedangkan budayanya menurun.

Berbagai macam tarian ditampilkan pada Grand Opening Gradasi seperti tari budaya dan tari Ratoeh Jaroe. Selain itu gamelan, hadroh, juga nasyid pun menjadi hiburan yang ditampilkan oleh perwakilan mahasiswa BSA dalam pembukaan acara tersebut.

Dihadiri oleh 45 instansi se-Indonesia dan 340 peserta, berbagai jenis lomba dalam kegiatan tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Mahasiswa, SMA/SMK/SLTA/Se-Derajat, dan Umum. Untuk kategori mahasiswa jenis lomba yang diselenggarakan adalah Debat Bahasa Arab, Pidato Bahasa Arab, Taqdimul Qishah, Qiratul Akhbar, Baca Puisi Arab, Ghina Arobi, MQK, dan Lukis Alam.

Untuk kategori SMA/SMK/SLTA/Se-Derajat adalah Lomba Cerdas Cermat, Baca Puisi, Pidato Bahasa Arab, MQK, Taqdimul Qishah, Ghina Arobi, Lukis Alam, dan Lukis Wajah. Dan untuk kategori Umum adalah Kaligrafi, Graffity, Karikatur, Desain Maskot Gradasi, Desain Logo Gradasi, dan Nasyid Acapella. Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 26 hingga 28 Februari.

Menurut Ketua Pelaksana, Gian Muhrisal dalam sambutannya mengatakan bahwa kata Gradasi diambil dari istilah seni yang memiliki arti perpaduan warna dan dapat menghasilkan warna yang indah, juga dapat dinikmati. Dan kata Gelanggang Kreasi Dunia Arab Berprestasi adalah mahasiswa jurusan bahasa arab mampu bersaing dan memiliki potensi dengan jurusan yang lain dan tidak di pandang sebelah mata.

Baca juga:  Haminda Juarai Kompetisi Futsal Antar Santri se-Kota Bandung

“Semoga generasi selanjutnya tidak menyia-nyiakan apa yang telah dilakukan generasi sekarang, dan semoga bisa lebih baik lagi. Jauhkan iming-iming nilai dan prestasi atau juara, tapi utamakan silaturahmi dan relasi,” harapnya.

Ketua Umum HMJ Bahasa dan Sastra Arab, Rusli Hermawan mengatakan bahwa Gradasi ini merupakan event pertama yang diadakan oleh HMJ BSA. Untuk mempelajari bahasa arab Rusli mengatakan tidak perlu menjadi orang arab, menurutnya bahasa adalah alat atau media untuk berinteraksi sesama manusia, dengan bahasa arab dan budaya lokal Indonesia sendiri dapat terwujud secara harmonis dan berkolaborasi antara bahasa dan budaya itu sendiri.

“Bahasa itu bisa menjadi alat atau media berkomunikasi dengan sesama. Betapa pentingnya bahasa hingga menjadi budaya baru yang bisa berkolaborasi secara harmonis dengan budaya lokal.” tutupnya.

Reporter : Anisa Nurfauziah

Redaktur : Lia Kamilah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas