Advertorial

Pusat Karir UIN Bandung Gelar Peringatan Career Day

Dosen Ilmu Komunikasi, Dyah Rahmi Astuti mengisi kuliah umum Public Speaking dalam acara Career Days yang bertema “Unlocking Your Potential Power” di Gedung Anwar Musaddad UIN SGD Bandung pada Rabu, (6/3/2019). (Gina Handayani/Magang)

SUAKAONLINE.COM—Career Days yang kedua bertema “Unlocking Your Potential Power” diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Karir di Aula Anwar Musaddad UIN SGD Bandung pada 5 hingga 6  Maret 2019. Jumlah peserta yang mendaftar di pusatkarir.uinsgd.ac.id sebanyak 166, sedangkan yang mendaftar di meja registrasi jumlahnya lebih dari 350 mahasiswa termasuk alumni. Rangkaian acara dimulai dari seminar, persentasi, kuliah umum, job fair, bursa buku, dan penampilan kreasi seni.  

Ketua UPT Pusat Karir, Betty Tresnawaty menjelaskan perbandingan acaranya dengan tahun lalu. Tahun pertama temanya ‘Discovering Your Best Version Here’ sedangkan yang kedua ‘Unlocking Your Potential Power’, dua tema dianggap seperti rangkaian story telling. Betty menganggap bahwa tema yang pertama mahasiswa seperti yang sedang berkelana ke galaksi lain, sedangkan yang kedua mahasiswa sedang berusaha mengeluarkan kekuatan yang ada dalam diri.

Prosedur job fair, pihak UPT Pusat Karir yang mengirimkan proposal kepada mereka. Betty juga menjelaskan bahwa pihak perusahaan yang datang tahun lalu hanya enam perusahaan, sedangkan pada tahun ini yang datang 11 perusahaan. Lima diantaranya institusi pendidikan. “Mahasiswa sangat antusias, karena materi dan narasumbernya bagus, jumlah perusahaan yang dating pun tahun ini meningkat dua kali lipat. Itu pencapaian yang baik, ” ujarnya, Selasa (7/3/2019).

Persentasi yang membahas mengenai profile perusahaan, lowongan pekerjaan, dan persyaratan serta kriteria pegawai perusahaan. Persentasi hari pertama disajikan oleh PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harta Insan Karimah (HIK) Parahyangan dan PT Aspark Group, hari kedua persentasi dari SD Muhammadiyah. Sedangkan Telkomsel membahas tentang Menggali Kekuatan Potensi Diri. Materi dan persentasi saling berkaitan dengan tema acara mengenai kekuatan yang ada di dalam diri.

Baca juga:  Pelepasan KKN Internasional UIN Bandung ke Malaysia

“Kita mempunyai passion yang  bisa kita tampilkan dan  dapat membangun diri kita serta dapat meningkatkan kualitas diri kita. Pesan saya adalah di era globalisasi, semua perusahaan baik negeri maupun swasta membutuhkan kualitas SDM yang sangat tinggi. Sehingga dibutuhkan pendidikan, kemampuan,  atau kepekaan sehingga dia mampu bersaing di dunia bekerja dengan maksimal,” jelas pemateri, Husnita.

Dyah Rahmi Astuti menjelaskan bahwa semua orang bisa berbicara di depan umum, akan tetapi tidak semua orang bisa berbicara dengan persuasif. Seni berbicara ini disebut dengan public speaking. Hal ini juga penting dalam wawancara kerja, supaya sistematis dan mudah mengontrol emosi. Selain itu, Dyah menambahkan semua orang bisa melakukan segala hal, hanya masalah mau atau tidak maunya berusaha.

Humas PT. Aspark Group Japan, Angga juga menganggap acara job fair ini adalah upaya yang bagus dalam instansi pendidikan negeri maupun swasta. Maka dari itu, publikasi job fair harus dilakukan secara masif. Job fair ini juga bagus untuk mahasiswa semester awal karena akan bermanfaat sebagai gambaran kedepannya. Karena dilihat dari realita, banyak mahasiswa yang menganggap lulus dahulu baru memikirkan pekerjaan.

Salah satu mahasiswa jurusan Agroteknologi, Irma Yuliana menjelaskan bahwa acara ini diketahuinya dari pesan berantai pada gawai, “Katanya bagus karena berkolerasi dengan mata kuliah yang sedang dipelajari. Walaupun belum bekerja tetapi acara ini mampu membuat harapan.  Sekarang udah punya stand yang bagus, Saya juga berharap ada lagi tahun depan, lebih ditingkatkan lagi promosi acaranya, pematerinya semoga semakin bagus.” harapnya.

Reporter : Gina Handayani/Magang

Redaktur : Lia Kamilah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas