Kampusiana

UIN Bandung Menerima 640 Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN

Dok. Suaka

SUAKAONLINE.COM – Pengumuman     Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan Jumat, 22/3/2019  dengan sistem online melalui laman resmi http://pengumuman.snmptn.ac.id dan 12 laman penunjang lainnya. SNMPTN  2019 yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahun ini menyatakan setidaknya 92.331 siswa yang lulus seleks

Tahun 2018 UIN SGD Bandung yang hanya menerima 592 mahasiswa jalur SNMPTN, berbeda dengan tahun lalu, 2019 kuota bertambah menjadi 640 mahasiswa. Jalur SNMPTN ini mengisi persentase kuota PMB sekitar 30 persen. Kenaikan jumlah kuota ini dikarenakan ada program studi baru yang diikutsertakan, yaitu Ilmu Politik. Selain itu, faktor penambahan kuota SNMPTN ini pun mengikuti kebijakan nasional. Karena meningkatnya peserta yang mengikuti seleksi maka ada penambahan pula untuk penerimaannya.

Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) UIN SGD Bandung, Rohman Setiawan mengatakan ada perbedaan sistem yang digunakan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tingi (Kemenristekdikti) menerapkan sistem ‘kunci’ dimana tiap siswa yang sudah diterima di PTN melalui jalur SNMPTN tidak dapat mendaftar lagi ke PTN lain lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ini adalah upaya untuk mengurangi adanya kursi kosong pada kuota SNMPTN.

“Kalau tahun kemarin, ketika siswa udah lolos jalur SNMPTN masih bisa coba-coba ikut seleksi jalur SBMPTN. Sehingga tahun kemarin itu yang melakukan herregistrasi jalur SNMPTN jumlahnya sangat kurang. Dengan sistem yang baru ini semoga dapat menghindari siswa yang tidak herregistrasi,” ungkapnya, Senin (25/3/2019).

Menurutnya, jumlah peminat yang mendaftar ke UIN SGD Bandung tiap tahun mengalami kenaikan. Tahun 2018 lalu jumlah pendaftar mencapai 88.000 melalui lima jalur PMB yang disediakan. Untuk jumlah kuota terbanyak didominasi oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 230 siswa, lalu Fakultas Sains & Teknologi 168 siswa, Fakultas Dakwah & Komunikasi 75 siswa, Fakultas Adab & Humaniora 72 siswa, Fakultas Psikologi 54 siswa, dan Fakultas Syariah & Hukum 41 siswa.

Tahun 2019 Program studi (Prodi) yang diikut sertakan dalam SNMPTN adalah program studi yang mendapat Surat Keputusan (SK) dari Kemenristekdikti. Adminitrasi Publik sebanyak 68 siswa, Manajemen 54 siswa, Sosiologi 81 siswa, Ilmu Hukum 41 siswa, Matematika 24 siswa, Fisika 12 siswa, Kimia 24 siswa, Biologi 24 siswa, Agroteknologi 24 siswa, Teknik Informatika 36 siswa, Teknik Elektro 24 siswa, Bahasa dan Sastra Inggris 72 siswa, Psikologi 54 siswa, Jurnalistik 48 siswa dan Hubungan Masyarakat 27 siswa. Ditambah satu prodi baru yaitu,  Ilmu Politik 27 siswa sehingga total ada 16 prodi.

Selanjutnya bagi siswa yang lolos jalur SNMPTN harus melakukan pengisian biodata melalui website https://pmb-daftar.uinsgd.ac.id/  sampai dengan Rabu, 27/3/2019. Dilanjut dengan penetapan uang kuliah tunggal (UKT) pada Kamis, 28/3/2019 yang akan diumumkan esok harinya pada Jumat, 29/3/2019. Lalu registrasi atau pembayaran UKT mahasiswa dilakukan pada Selasa, 2/4/2019 sampai Jumat, 5/4/2019.

Menurut Calon Mahasiswa Baru jurusan Teknik Elektro Muhammad Rifaldi, dirinya mendapatkan sedikit kendala saat hari-h pengumuman. Terkait jam pengumuman yang terus dimajukan dari awalnya pukul 16.00 menjadi pukul 13.00. Dan minimnya informasi di website PMB UIN SGD Bandung membuat para calon mahasiswa baru kesulitan menerima informasi yang valid.

“Awalnya saya kaget ketika pukul 03.00 dini hari teman saya di grup chat bilang sudah bisa dibuka pengumumannya, tapi pas saya cek belum bisa. Dan kendala nya lagi ketika saya cari informasi tentang daftar ulang di website https://pmb.uinsgd.ac.id/ saya ga menemukan waktu dan tanggalnya.” tuturnya.

Reporter : Fadhilah Rama

Redaktur : Lia Kamilah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas