Advertorial

Earth Hour 2019, Mengurangi Beban Bumi Melalui Switch Off

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi istri dan perwakilan dari beragam instansi melakukan prosesi Earth Hour di Trans Studi Mall, Sabtu (30/3/2019). (Dhea Amellia/Suaka).

SUAKAONLINE.COM  – Dalam rangka memperingati Global Switch Off Earth Hour 2019 tingkat Jawa Barat, Kawasan Trans Studio Mall (TSM) melakukan pemadaman lampu selama 1 jam, mulai dari pukul 20.30 hingga 21.30, Sabtu (30/3/2019). Kegiatan pemadamam lampu ini merupakan simbolis Earth Hour yang dilakukan setiap tanggal 30 Maret.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Earth Hour ini merupakan renungan dan refleksi, untuk mengurangi beban bumi yang berat karena prilaku konsumsi energi yang berlebihan. “Dengan memadamkan listrik yang tidak perlu, dapat mengurangi beban bumi untuk menurunkan zat karbondioksida sebagai pemicu terjadinya pemanasan global serta perubahan iklim,” ungkap pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Orang nomor satu di Jawa Barat itu menambahkan, kegiatan ini tidak hanya sebagai simbolis saja namun harus menjadi sebuah kebiasaan bagi masyarakat. “Mudah-mudahan dirutinkan dalam kesehariannya, tanpa harus diupacarakan,” tambahnya.

Lanjut Kang Emil, simbolis pemadaman lampu tidak hanya dilakukan di TSM. Akan tetapi, rumah dinas dan juga kantor dinas ikut melaksanakan hal yang sama. Seperti halnya di Gedung Sate dan Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat yaitu Gedung Pakuan ikut memadamkam lampu dan perangkat listrik yang tidak perlu.

Emil pun menyampaikan, penghematan energi ini merupakan upaya untuk menjadikan Jabar sebagai sustainable green province. Dia pun mengajak jajaran pemerintahan untuk memberi contoh pada masyarakat. “ Lampu yang tidak digunakan dimatikan secara maksimal, mudah-mudahan ini jadi semangat mengurangi beban lingkungan apabila dilakukan se-Jabar,” kata Emil.

Pada kesempatan yang bersamaan Gubernur Jawa Barat memberikan penghargaan Earth Hour Leaders kepada walikota Bogor, Cimahi, Bandung, Depok dan Bekasi. Kemudian dilanjutkan penyerahan penghargaan oleh CEO World Wide Fun (WWF) for Nature Indonesia kepada Gubernur Jawa Barat yang selalu konsisten dalam mendukung Earth Hour.

“Ini bagian semangat Jabar jadi sustainable green province, semangat dalam mencari energi terbarukan dan mengurangi beban energi sebuah gaya hidup baru di masyarakat,” tutur Emil.

Baca juga:  Wisuda ke-74, Mahmud : UIN Bandung Siap Bertaraf Internasional

Sementara itu, CEO WWF Indonesia Rizal Malik mengungkap dengan diangkatnya tema Connect To Earth pada Earth Hour ini, dapat menjadi pengingat kembali hubungan manusia dengan alam. “Ini sebagai pengingat kembali hubungan kita dengan alam. Alam yang memberikan sumber kehidupan bagi kita oksigen, air, pangan dan berbagai hal untuk kita bertahan hidup,” tutur Rizal.

Rizal pun berharap, Earth Hour ini tak hanya dijadikan refleksi selama tidak hanya satu jam saat simbolis, namun berkelanjutan dan meluas. Tidak hanya di Kota Bandung atau Jawa Barat, tapi juga wilayah lain di Indonesia. “Harapan kami tentunya  setelah satu jam matikan lampu ini menjadi refleksi tak hanya satu jam saja, tapi berpengaruh untuk 365 hari lainnya.” pungkas Rizal.

Reporter : Dhea Amellia

Redaktur : Lia Kamilah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas