Advertorial

Pendidikan Bahasa Inggris Selenggarakan ASNC 2019

Sejumlah peserta mengikuti lomba Story Telling dalam acara Annual Saeed National Competition (ASNC) 2019, di Gedung Kuliah Fakultas Tarbiah dan Keguruan, Kampus 2 UIN SGD Bandung, Sabtu (30/3/19). (Fajar Hidayatullah/Magang).

SUAKAONLINE.COM Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) selenggarakan lomba berbasis Bahasa Inggris yang bertajuk Annual Saeed National Competition (ASNC) 2019 di Kampus 2 UIN SGD Bandung. Acara ini digelar sejak 29-31 Maret 2019 dengan menghelat perlombaan dengan beberapa kategori pada tingkat jenjang pendidikan.

Kompetisi yang sudah berjalan sejak tahun 2009 ini terdiri dari tujuh perlombaan yaitu News Cast, Debate, Paper Presentation, Scrabble, Speech, Spelling Bee dan Story Telling yang terdiri dari tiga tingkat jenjang pendidikan, mulai dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas (SMA) dan Universitas.

Menurut Ketua Panitia, Gulam Hafiz mengatakan bahwa ditahun kemarin itu ada juga perlombaan untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), hanya saja tingkat peminatnya sedikit. ”Ada SMP, SMA sama Universitas untuk tahun ini, kalau tahun kemarin mah ada sama SD, cuman kalau sekarang kita tutup yang SD, jadi cuma SMP, SMA sama Universitas,” Ujarnya.

 Untuk format perlombaan yang diterapkan pada kompetisi ini menurut Gulam terdapat beberapa macam, ada yang satu hari selesai seperti Paper Presentation, karena perserta sudah mengirimkan tulisan sudah dari jauh-jauh hari dan hanya tinggal mempresentasikannya, ada juga yang sampai memakan waktu dua hari dikarenakan terbatasnya ruangan.

“Tapi ada juga yang dua hari, kalau yang dua hari mah itu biasanya yang banyak, kaya Speech misalnya. Speech itu besok, karena ada SMA dan Universitasnya banyak jadi ruangan yang digunakan dipakai bergantian,” ungkap mahasiswa PBI semester 4 tersebut.

Gulam melanjutkan bahwa tujuan dari diselenggarakannya ASNC ini bertujuan untuk meningkatkan skill berbahasa peserta. “Jadi kita ituh mau meningkatin kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris, karena kan basic semua perlombaan di sini tuh skill berbahasa mereka. kaya Paper, meskipun mereka nulisnya KTI kan tapi langsung di presentasiin, berarti kan keluar skill berbicara mereka itu,” sambungnya.

Baca juga:  Dudang Gojali : SK FEBI Rampung dalam Empat Bulan

Menurut salah seorang peserta kompetisi, Wildan santri pondok Pesanter Al-Ihsan Islamic Boarding School Bandung mengapresiasi adanya kegiatan ini. Menurutnya, hal ini bagus untuk meningkatkan skill berbahasa mereka, menambah banyak teman, karena peserta perlombaan bukan hanya dari Jawa Barat, tapi dari Bandar Lampung dan Riau.

Ia berharap untuk kedepannya, acara ASNC ini lebih besar lagi dan juga lebih banyak menarik peserta dari berbagai penjuru negeri untuk berpartisipasi. ”Kedepannya untuk ASNC semoga bisa lebih mendatangkan lagi orang dari luar jawa, atau mungkin dari luar negeri, supaya tau Inggris yang sebenarnya itu gimana.” tutupnya.

Reporter : Fajar Hidayatullah/Magang

Redaktur : Lia Kamilah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas