Kampusiana

Server Pendaftaran KKN 2019 Mengalami Error

dok. Suaka

SUAKAONLINE.COM – Tahapan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa semester enam UIN SGD Bandung sudah dimulai. Tahap pertama, yakni pendaftaran KKN yang telah dibuka sejak Senin, (8/4/2019) hingga kurang lebih satu pekan mendatang tepatnya pada Rabu, (17/4/2019) melalui laman pendaftaran http://kkn.uinsgd.ac.id/.Namun hingga saat ini situs pendaftaran masih belum bisa diakses karena masih dalam masa perbaikan sistem.

Sejak pertama dibuka website pendaftaran untuk mahasiswa yang akan mendaftarkan diri untuk KKN sudah mengalami masalah. Dari mulai website yang tidak bisa dibuka, data diri yang muncul tidak sesuai data diri pendaftar. Juga sebagian titik tempat melaksanakan KKN sudah dipenuhi mahasiswa yang terlah berhasil mendaftar.

“Kemarin saya coba akses, tapi ya gitu awalnya ga bisa dibuka lamannya, setelah bisa dibuka kita masukin Nomor Induk Mahasiswa (NIM) sama password, setelah itu bisa masuk tapi yang keluar bukan nama saya, malah nama orang lain, ” begitu tutur mahasiswa jurnalistik semester enam, Mella Azizah yang diwawancarai  via surel (9/4/2019).

Staff Administrasi  Information Technology (IT) UIN SGD Bandung yang tidak ingin disebutkan namanya menjelaskan bahwa ini disebabkan oleh adanya duplikasi data karena server saat ini digabung dengan server Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Dan menjadikan data diri yang muncul menjadi tercampur dengan mahasiswa baru

Karena adanya kesamaan jadwal dengan pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Islam Negeri (SPAN PTKIN) yang menyebabkan server eror. Ketersediaan server yang ada kurang memadai. Membeludaknya jumlah pendaftar KKN dan mahasiswa baru SPAN PTKIN menyebabkan server semakin tidak berjalan dengan baik.

“Karena hari ini berbarengan dengan pendaftaran SPAN PTKIN, sementara mungkin jumlah ketersediaan server dikitanya bekum memadai sehingga terjadi tarik menarik antar server yang akhirnya macet, ” ungkap Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat,  Ramdhani  W. Sururie.

Baca juga:  Buntut Panjang Kampanye Oknum Dosen UIN Bandung

Tentang isu server yang di ganggu oleh hacker, Ramdhani sendiri membantah adanya itu. Menurutnya itu tidak ada karena ia sudah mengkonfirmasi kepada pihak dari IT bahwa eror ini bukan disebabkan gangguan dari hacker, tapi lebih kepada server yang terlalu berat dan tidak memadai, sehingga untuk saat ini pendaftaran sementara ditutup dulu untuk membenahi masalah-masalah yang terjadi.

Sementara itu sampai saat ini mahasiswa yang sudah bisa mengakses website ini kurang lebih sudah mencapai tiga ribu mahasiswa. Untuk mahasiswa yang sudah bisa mengakses tidak perlu hawatir datanya akan terhapus karena adanya keerroran pada server. Ramdhani menuturkan bila sudah berhasil mengakses, data akan tersimpan tidak akan terganggu dan tidak akan hilang.

Dalam kalender KKN Berbasis Pengabdian Masyarakat (SISDAMAS) 2019, setelah pendaftaran, mahasiswa KKN harus melakukan sosialisasi KKN bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) pada 12 April 2019. Dilanjutkan dengan melakukan observasi partisipatif pada 23 April. Dan pengajuan proposal kegiatan KKN kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) pada 24-30 April, lalu dilanjutkan seminar proposal KKN pada 2-3 Mei 2019.

Reporter : Bestari Saniya/Magang

Redaktur : Lia Kamilah

1 Comment

1 Comment

  1. Rkz

    10 April 2019 at 21:43

    Tapi data saya hilang, padahal sudah terdaftar, sudah masuk kelompok pula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas