Infografis

First Voter dalam Pusara Demokrasi Menjelang Pemilu

SUAKAONLINE.COM, Infografis – Pemilihan Umum (Pemilu) akan segera dilangsungkan tepat pada hari Rabu, (17/4/2019) serentak di seluruh Tempat Pemungutan Suara  (TPS) di Tanah Air. Komisi Pemilihan Umum setidaknya sudah menyiapkan TPS sebanyak  810.329 unit. Hal ini guna memudahkan masyarakat untuk menggunakan hak suaranya untuk memilih.

Pemilu tahun ini sedikit berbeda dengan Pemilu di tahun-tahun sebelumnya. Dimana pemilu diadakan serentak. Pemilu serentak 2019 merupakan yang pertama kali dalam sejarah Indonesia, tidak hanya memilih presiden dan wakil presiden. Tapi turut memilih anggota legislative  dan ada juga yang memilih kepala daerah.

Dengan target partisipasi pemilih sebesar 77,5%, KPU berusaha mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suaranya. Salah satu yang paling dominan adalah kaum milenial yang kebanyakan adalah first voter. First voter sendiri adalah sebutan untuk mereka yang baru menggunakan hak suaranya dalam Pemilu.

Karena baru pertama kali menggunakan hak suaranya, seringkali first voter dijadikan sasaran para kandidat untuk berkampanye. Biasanya mereka diiming-imingi hadiah; atau uang, kalian harus jeli dalam melihat hal ini. Untuk menghindari hal ini, pertama yang harus kalian lakukan adalah melakukan cek terhadap sepak terjang kandidat yang akan dipilih, mempelajari aktivitas yang mereka lakukan sebelumnya dan adakah catatan buruk mengenai dirinya.

Kedua, kalian juga harus tahu betul visi dan misi yang mereka usung. Melihat program-program yang coba mereka tawarkan. Kalian perlu menganalisa apakah program tersebut realistis atau hanya sekedar ambisi agar terpilih, kemudian bandingkan program-programnya dengan kandidat yang lain. Wakil rakyat yang baik tahu betul apa yang masyarakat butuhkan, dengan kemajuan zaman mereka bisa menyeimbangkannya dengan baik.

Ketiga, ketahui lebih lanjut tentang karakternya. Najwa Shihab salah seorang jurnalis mengatakan bahwa pemilihan; terhadap individu tergantung kepada karakter personel kandidat tersebut. Yang mana penting untuk kita ketahui. Kalian bisa melakukan mencari informasi lengkap melalui website jariungu.com dan caleg2019.id untuk calon legislative dan juga pintarmemilih.com.

Baca juga:  Dua Dosen UIN Bandung Menjadi Peneliti Terbaik di BCRR 2019

Untuk para first voter ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan diantara nya adalah membawa formulir C6 dan e-KTP. Formulir C6 merupakan undangan pemilih untuk mecoblos di TPS. Karena akan memilih calon legislative dan presiden, maka akan ada lima kertas suara yang harus dicoblos. Warna hijau untuk memilih DPRD Kab/Kota, warna biru untuk DPRD Provinsi, warna kuning untuk DPR RI, warna merah untuk DPD RI, dan warna abu-abu untuk Presiden-Wakil Presiden. Dan jangan lupa datang pukul 07.00-13.00 waktu setempat.

Sumber                : tempo.co dan idntimes.com

Peneliti                : Fadhilah Rama

Desain                  : Nurul Fajri

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas