Advertorial

PIAUD UIN Bandung Menggelar Festival Anak


Sejumlah peserta lomba sedang melakukan pemanasan senam jari pada acara Puncak GLORY 2019, di lahan parkir gedung A Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung Selasa, (23/4/2019). (Hasna Fajriah/Magang)

SUAKAONLINE.COM – Suara lantunan ayat suci yang dibacakan oleh setiap mahasiswi dan dosen Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) pada acara khotmil Qur’an, di lahan parkir gedung A Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SGD Bandung, Selasa (23/4/2019). Kegiatan tersebut menandakan dimulainya acara puncak Growing Love Responsibilty to PIAUD Big Family (GLORY) 2019 dan Festival anak se-Pimpinan Cabang Ikatan Guru Raudathul Athfal (IGRA) Ujung Berung.

Dengan memperingati milad PIAUD yang ke-5, acara ini mengusung tema “Menumbuhkan Rasa Cinta dengan Silaturahmi Demi Terwujudnya PIAUD Yang Harmonis”. Pemilihan nama dan tema tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan silaturahmi terhadap mahasiswa dan dosen itu sendiri serta mengingat kembali bahwa tangga 13 Maret itu dibangunnya prodi PIAUD ini.

Acara ini dimulai pada 15 Maret hingga 23 April 2019. Terdapat berbagai kegiatan dan perlombaan yang dibagi dua kategori, yaitu mahasiswa dan anak-anak RA. Untuk kategori mahasiswa jenis lomba yang diselenggrakan adalah literasi nasional seperti lomba lembar kerja anak, lomba lagu anak, lomba naskah cerita anak dan lomba permainan anak. Kemudian lomba antar kelas PIAUD seperti futsal, badminton, kreasi seni dan neng PIAUD.

Untuk kategori anak RA itu, terdapat dua jenis lomba yaitu lomba mewarnai dan lomba tahfidz Al-Qur’an. Lomba mewarnai ini diikuti oleh 346 anak sedangkan lomba tahfidz Al-Qur’an di ikuti oleh 28 orang putra dan 27 orang putri. Lomba anak RA ini merupakan rangkaian acara Festival Anak serta bentuk kerjasama PIAUD dengan PC – IGRA Ujung Berung. Terdapat sekitar 39 RA di wilayah Ujung Berung tergabung dengan organisasi IGRA.

Menurut Ketua PC-IGRA Ujung Berung, Siti Solihat mengaku senang berkerjasama dengan prodi PIAUD serta telah memberikan kepercayaan, dengan kerjasama tersebut PC – IGRA Ujung berung dapat mengisi acara dan berpartisipasi dalam Festival Anak pada acara milad PIAUD, kemudian mahasiswa pun dapat banyak mengambil pelajaran dari kegiatan ini.

Baca juga:  Pelepasan KKN Internasional UIN Bandung ke Malaysia

“Kami khususnya IGRA wilayah Ujung Berung sangat puas sekali, sangat berterimakasih sekali dengan para mahasiswa yang telah membantu kami, bisa terlaksana acara kami dengan baik dan lancar. Mudah-mudahan ini tidak hanya untuk tahun sekarang tetapi untuk tahun lainnya kita bisa melaksanakan kegiatan yang sama bahkan lebih bagus lagi, lebih banyak lagi pesertanya, dan kami sebagai organisasi IGRA untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi,” harapnya.

Ketua Pelaksana, Lutfia Nur Afifah pun menuturkan rasa bangganya dengan melihat antusiasme dari mahasiswa PIAUD itu sangat baik, ketika awal pembukaan hingga penutupan pun mereka ikut memeriahkan. Selalu mengiringi dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan. Panitia pun memberikan yang terbaik untuk mahasiswa khususnya prodi PIAUD agar diingatnya acara ini dengan didatangkannya guess star yaitu Kafeelah Voice dan Niwang.

Salah satu mahasiswa PIAUD, Delvi Pangestika pun mengatakan lomba mengenai literasi yang diselenggarakan pada milad PIAUD ini menjadikan kesan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Dengan adanya kegiatan lomba mewarnai dikampus dua dan itu lebih menghidupkan suasana kampus yang biasanya sepi menjadi ramai. Namun sangat disayangkan perlombaan yang di selenggarakan pada acara kali ini tidak sebanyak pada tahun kemarin.

Reporter : Hasna Fajriah/Magang

Redaktur : Lia Kamilah

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Enam Calon Rektor UIN Bandung Lolos ke Jakarta – UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas