Kampusiana

UTBK UIN Bandung Tampung 8990 Peserta


Gedung Solahuddin Sanusi atau Laboratorium Terpadu menjadi salah satu lokasi Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) UIN SGD Bandung. (Awla Rajul/Magang).

SUAKAONLINE.COM – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) secara nasional dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada Sabtu, (13/4/2019) kemarin. Gelombang pertama dilaksanakan pada 13 April hingga 4 Mei 2019. Gelombang kedua direncanakan akan dilaksanakan pada  11 Mei hingga 26 Mei 2019. Dan Universitas Padjajaran (Unpad) menjadi koordinator implementasi secara nasional.

 Dalam pelaksanaannya, pusat UTBK Unpad bekerja sama dengan UIN SGD Bandung dan Sekolah Menengah Swasta (SMS) Krida Nusantara. Adapun total peserta yang terdaftar di pusat UTBK Unpad sebanyak 24. 586 peserta. Di UIN SGD Bandung sendiri sebanyak 8. 990 peserta akan mengikuti UTBK.

“Sedangkan sebanyak 8.990 peserta akan mengikuti UTBK di UIN SGD Bandung, terbagi dalam 18 sesi dan menggunaan 550 komputer per sesinya,” ujar Kepala Bagian Humas, Rohman Setiawan melalui daring.

Ada dua sesi dalam pelaksanaan UTBK dalam seharinya. Sesi pagi dimulai pukul 7.30 hingga pukul 11.45, dan sesi siang dilaksanakan pukul 12.30 hingga pukul 16.45. Peserta harus berada di ruangan 30 menit sebelum UTBK dimulai dan sudah mengetahui lokasi dan ruang tes sesuai dengan yang tertera di kartu peserta UTBK. Rohman berharap kepada semua pihak yang terkait dapat berperan aktif menjaga suasana UTBK 2019 agar berlangsung tenang,  aman,  dan nyaman.

Wakil Rektor I, Asep Muhyiddin mengatakan pelaksanaan UTBK di hari pertama berjalan lancar dan sesuai arahan panitia pusat. “Alhamdulillah berjalan dengan lancar sesuai dengan arahan dan bimbingan dari panitia pusat UTBK Unpad,” ungkapnya usai memberikan arahan pada pengawas di gedung Lecture Hall, Sabtu (13/4/2019).

Asep juga menambahkan, bahwa 400 peserta mengikuti ujian di gedung Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD). 100 peserta di laboratorium IF fakultas Saintek, dan 50 peserta di gedung Laboratorium Terpadu. Total 550 peserta per sesinya.

Baca juga:  IKA DARMA AYU Gelar Kemah Bakti Mahasiswa

Seorang peserta UTBK yang mengikuti tes di gedung PTIPD, Muhammad Khadapi mengatakan bahwa ia tidak menemukan kendala apa-apa ketika sedang mengikuti tes. Khadapi bahkan memberikan pujian atas kedisiplinan waktu dan keamanannya. “Bagus sih, masalah waktu disiplin, tempat dan keamanannya bagus, lokasi ujiannya juga bagus, dan Alhamdulillah gak ada gangguan.” Jawabnya ketika dihubungi melalui WhatsApp, Selasa (23/4/2019).

Selanjutnya, pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2019 ini tiap peserta mengikuti UTBK terlebih dahulu, dan dalam 10 hari kedepan akan keluar hasil tes yang bisa diakses di laman http://pengumuman-utbk@ltmpt.ac.id/. Setelah semua rangkaian UTBK selesai, setiap peserta kemudian mendaftar ke laman SBMPTN dengan salah satu syaratnya adalah memiliki nilai UTBK. Dalam UTBK tahun ini juga tidak ada sistem pengurangan nilai terhadap jawaban salah.

Reporter : Awla Rajul/Magang

Redaktur : Lia Kamilah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas